fbpx
3 Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya, Terapkan!

3 Cara Menabung yang Bikin Cepat Kaya, Terapkan!

Anda dapat lebih mudah mencapai tujuan keuangan dengan mengetahui tips menabung yang tepat. Mulai dari pengusaha, karyawan, pelajar atau mahasiswa harus paham bagaimana cara menabung yang tepat untuk masa depan mereka.

Tujuan menabung setiap orang mungkin berbeda. Beberapa orang ingin menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan atau menabung untuk mencapai tujuan jangka pendek dalam waktu satu tahun.

Untuk membantu anda yang ingin menabung, kami bagikan 3 tips menabung yang efektif agar cepat kaya. Simak dengan saksama ya!

1. Membuat anggaran belanja

Buatlah anggaran pengeluaran setiap bulannya. Penganggaran sangat penting bagi anda. Meski anda seorang pelajar, tidak ada salahnya mengelola uang anda mulai dari sekarang.

Anda bisa menggunakan sistem anggaran 50-30-20. Apa itu?

50 persen untuk belanja kebutuhan, 30 persen untuk memenuhi keinginan dan 20 persen untuk tabungan. Sistem penganggaran sederhana ini pertama kali diperkenalkan oleh Senator Elizabeth Warren.

Baca Juga :  Tips Memulai Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

2. Menabung dengan sistem 52-week money challenge

Kedua, anda dapat menggunakan sistem ‘tantangan’ menabung 52-week money challenge. Bagaimana cara menerapkannya?

Pertama, anda harus disiplin menabung setiap minggunya. Kedua, mengukur kekuatan ekonomi individu. Ini penting, lho. Masalahnya, dalam tantangan uang 52-week money, anda perlu meningkatkan sasaran uang yang ingin anda tabung setiap minggu. Ketiga, jangan mudah menyerah ya!

Contohnya: Anda menabung 5.000 rupiah di minggu pertama. Di minggu kedua, anda perlu melipatgandakan sasaran tabungan anda, yaitu 10.000 rupiah. Di minggu ketiga, menjadi 15.000. Jika melakukan hal itu secara konsisten, di akhir tahun, tabungan anda bisa mencapai 6 juta rupiah.

Memang, panduan tabungan ini membutuhkan konsistensi tingkat tinggi. Di minggu pertama, anda bisa menabung sekitar seribu rupiah sehari hingga hari kelima. Nah, di minggu kedua, anda sudah bisa menerapkan aturan di atas.

3. Memilah-milah kebutuhan dan keinginan

Konsep panduan menabung ketiga ini mirip dengan yang pertama. Dalam merumuskan anggaran atau bujet pengeluaran, anda perlu memisahkan kebutuhan dan keinginan anda. “Tapi, komputer oppa sudah seperti kebutuhan bagiku.

Baca Juga :  Dampak Pandemi dan Munculnya Wiraswasta Baru

Tentunya, kebutuhan harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum keinginan. Jangan kebalik ya, karena bisa saja kebutuhan tidak terpenuhi karena terlalu memaksa diri untuk memenuhi keinginan.