fbpx
5 Cara Paling Efektif Menangani Tekanan Darah Rendah

5 Cara Paling Efektif Menangani Tekanan Darah Rendah

Kondisi tekanan darah rendah yang dialami banyak orang sangat mungkin menjadi sumber masalah saat harus menjalani aktivitas sehari-hari.

Gejala yang muncul bisa berupa lemas, pusing hingga mata berkunang-kunang. Semua ini bisa menjadi masalah yang serius. Jadi ada baiknya anda mengetahui cara mengatasi darah rendah secara efektif.

Sejatinya, penyebab tekanan darah rendah sendiri beragam. Mulai dari faktor keturunan, adanya gagal hati, kondisi kehamilan dan trauma. Namun setidaknya, anda bisa mengatasi tekanan darah rendah dengan cara berikut ini:

1. Makan banyak garam

Cara pertama untuk mengatasi tekanan darah rendah adalah makan lebih banyak garam. Para ahli biasanya merekomendasikan menambahkan garam dalam makanan anda karena natrium meningkatkan tekanan darah.

Namun, natrium yang berlebihan juga dapat menyebabkan gagal jantung, terutama pada orang dewasa. Karena itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menambahkan garam ke dalam makanan anda.

Baca Juga :  4 Makanan Penambah Darah Bagi Penderita Hb Rendah

Untuk diketahui, menurut para ahli, ada korelasi langsung antara garam dan tekanan darah, yaitu asupan garam dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Silangkan kaki saat duduk

Cara mengatasi darah rendah selanjutnya adalah dengan menyilangkan kaki sambil duduk. Ya, menyilangkan kaki saat duduk terbukti meningkatkan tekanan darah. Untuk pasien hipertensi, ini mungkin menjadi masalah.

Namun, untuk orang dengan gejala tekanan darah rendah, menyilangkan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan darah dengan sedikit usaha.

3. Makan dalam porsi kecil

Anda mungkin mendapati tekanan darah rendah setelah makan besar, meskipun hal ini lebih sering terjadi pada kalangan manula (lansia). Ini terjadi karena darah mengalir ke saluran pencernaan setelah anda makan.

Biasanya, detak jantung anda akan meningkat untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah. Sehingga, anda dapat mencegah tekanan darah rendah dengan makan dalam porsi kecil. Selain itu, membatasi asupan karbohidrat dapat membantu menjaga tekanan darah lebih stabil setelah makan.

4. Batasi atau hindari alkohol

Minum alkohol dapat menyebabkan dehidrasi. Hal itu tu juga dapat berinteraksi dengan obat-obatan dan menyebabkan tekanan darah rendah.

Baca Juga :  6 Cara Cepat Mengatasi Cegukan, Terbukti Ampuh

5. Minum air putih

Pada beberapa penderita tekanan darah rendah, biasanya disertai dengan dehidrasi ringan. Untuk membantu menjaga sirkulasi darah yang baik, pemenuhan cairan tubuh yang cukup harus dijaga setiap saat.

Asupan cairan yang cukup dapat meningkatkan jumlah darah yang beredar di dalam tubuh. Oleh karenanya, konsumsi air putih yang cukup menjadi satu hal yang wajib diperhatikan.