fbpx
Tanpa Minum Obat, Ini 6 Cara Jitu Atasi Sakit Kepala

Tanpa Minum Obat, Ini 6 Cara Jitu Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala dapat disebabkan oleh banyak hal dan juga bisa menjadi tanda dari banyak masalah kesehatan lainnya. Mulai dari hal-hal kecil, seperti kurang minum air putih, cuaca terlalu panas hingga penyebab serius, seperti keracunan makanan. Jadi, apa yang harus dilakukan saat mengalami sakit kepala?

Ketahuilah, cara mengatasi sakit kepala harus disesuaikan dengan penyebabnya. Berikut KulikMedia bagikan beberapa cara sederhana dan efektif untuk mengatasi sakit kepala.

1. Mengurangi tekanan di kepala

Banyak orang tidak menyadari bahwa salah satu penyebab sakit kepala adalah tekanan di kepala yang berlebihan. Misalnya, menguncir rambut terlalu ketat atau mengenakan topi terlalu kencang. Jika anda merasa sakit kepala saat memakainya, cobalah untuk melonggarkannya.

2. Konsumsi kafein

Cara lain yang bisa anda coba untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mengonsumsi kafein. Ada banyak jenis makanan atau minuman yang mengandung kafein. Mulail dari kopi, teh hingga cokelat. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein untuk mencegah sakit kepala semakin parah.

Baca Juga :  Waspada! Ini 5 Bahaya Mengonsumsi Gula Berlebihan

3. Cukup tidur

Kurang tidur tidak hanya menyebabkan kantuk, tetapi juga dapat menyebabkan sakit kepala. Saat seseorang kurang tidur, suplai oksigen ke otak berkurang. Karena hal itu, muncullah gejala sakit kepala. Jadi anda harus memastikan bahwa tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari, agar tubuh kita segar kembali dan tidak sakit kepala.

4. Redupkan cahaya saat istirahat

Percaya atau tidak, lampu terang dan berkedip yang sering anda lihat dapat membuat kepala sakit. Tentu saja, jika anda baru saja berada di tempat yang terang, beristirahat di tempat dengan cahaya redup bisa menjadi solusinya.

5. Cukup minum

Selain kurang tidur, penyebab sakit kepala lainnya adalah karena kurang minum atau kurang cairan. Dehidrasi memang bisa menyebabkan sakit kepala bahkan perubahan mood.

Akan tetapi, perlu anda ketahui, minum air sebenarnya tidak mengurangi durasi sakit kepala. Namun jika kebutuhan air cukup, maka ini akan membuat tubuh terasa lebih baik.

6. Meregangkan tubuh

Melihat monitor dalam waktu lama akan membuat tubuh kaku dan tegang. Kemudian mungkin muncul gejala sakit kepala. Untuk meminimalisir kondisi itu, lakukan pemanasan atau peregangan agar sirkulasi darah dapat kembali lancar.

Baca Juga :  4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat