fbpx
Ngantuk Saat Kerja, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini!

Ngantuk Saat Kerja, Atasi dengan 5 Cara Berikut Ini!

Penting untuk mengetahui cara menghilangkan ngantuk agar tidak mengganggu performa kerja anda. Ya, salah satu gangguan terbesar di tempat kerja adalah ngantuk yang tak tertahankan. Saat rasa ngantuk melanda, konsentrasi dan fokus kerja akan terganggu.

Nah, di bawah ini KulikMedia ingin membagikan cara paling manjur menghilangkan ngantuk saat bekerja. Simak dengan saksama ya!

1. Minum minuman berkafein

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk dan penat adalah dengan minum minuman berkafein, seperti kopi. Cara ini memang sangat digemari masyarakat Indonesia, tidak hanya bagi kalangan pekerja kantoran tetapi juga pelajar. Namun jangan sampai anda hanya minum kopi saja, karena kopi bisa menyebabkan dehidrasi dan menambah kelelahan.

Pastikan kebutuhan air tercukupi ya. Tips lainnya: hindari minum kopi di sore atau malam hari agar tidak susah tidur di malam hari. Tidak hanya itu, jangan sering-sering minum kopi karena tidak baik untuk kesehatan. Jadi, konsumsi sewajarnya saja.

Baca Juga :  6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

2. Membasuh wajah

Membasuh wajah dengan air dingin di tempat kerja bisa efektif menghilangkan rasa ngantuk. Dengan melakukan ini, darah mengalir lebih lancar, sehingga anda dapat bersiap untuk beraktivitas.

Jika hari berangin, keluarlah sejenak di ruang terbuka setelah membasuh muka. Hembusan udara dingin pada wajah juga dapat meningkatkan kewaspadaan dan menghilangkan rasa ngantuk yang berlebihan.

Jika ada kesempatan, anda bisa meregangkan tubuh di toilet sambil mencuci muka. Dengan menerapkan cara menghilangkan rasa ngantuk ini, anda juga akan terlihat lebih segar dan energik.

3. Lakukan peregangan

Lakukan peregangan sederhana untuk melawan ngantuk. Peregangan dapat menjaga aliran darah dan mengembalikan energi bagi tubuh. Anda dapat melakukan latihan peregangan melingkarkan lengan, memutar leher, memutar tulang belakang dan meregangkan kaki.

Anda juga bisa melakukan beberapa gerakan seperti sit up atau lunge.

4. Berdiri

Alih-alih terus duduk dan bekerja, cobalah bekerja sambil berdiri. Gerakkan kaki anda ke kiri dan ke kanan, ke depan dan ke belakang. Cara ini bisa mengatasi ngantuk. Berdiri setiap beberapa menit dapat membantu mengurangi ngantuk saat bekerja.

Baca Juga :  Waspada Bahaya Darah Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

5. Jalan-jalan sejenak ke luar

Cobalah untuk meninggalkan pekerjaan anda untuk sejenak waktu. Pergilah jalan-jalan dan cari udara segar di luar ruangan. Aktivitas ini dapat meningkatkan mood, membuat tubuh lebih bertenaga dan menghilangkan ngantuk.