fbpx
5 Cara Tepat Mengatasi Anak Tersedak, Jangan Panik!

5 Cara Tepat Mengatasi Anak Tersedak, Jangan Panik!

Anak tersedak menjadi kekhawatiran banyak orang tua. Sebuah survei yang diprakarsai oleh Mini First Aid, perusahaan pelatihan spesialis pertolongan pertama anak terbesar di Inggris mengungkapkan hal itu.

Bahwa, lebih dari 60 persen orang tua mengatakan bahwa tersedak adalah ketakutan terbesar mereka, terutama selama proses penyapihan. Oleh karenanya, setiap orang tua wajib tahu cara mengatasi anak tersedak.

Lakukan ini saat anak tersedak

Pada orang dewasa, tersedak bisa diatasi dengan banyak minum air putih dan menepuk-nepuk punggung atau dada. Lantas, apa yang  harus dilakukan jika anak tersedak?

1. Hindari menggendong atau mengangkat anak

Saat melihat si kecil tersedak, hindari mengangkat atau menggendongnya, ya! Pasalnya, kedua hal tersebut bisa membuat makanan atau benda asing yang masuk ke tenggorokan masuk ke paru-paru. Hal ini sangat berbahaya karena akan membuat anak tidak bisa bernapas.

Baca Juga :  9 Tips Memuji Anak dengan Benar, Tak Perlu Berlebihan

2. Coba periksa mulut anak

Ketika anda mendapati anak tersedak, wajar saja jika anda panik. Namun, anda juga perlu melakukan sesuatu yang berarti, seperti memeriksa mulutnya.

Penyebab tersedak pada anak bisa jadi karena ada benda asing yang tersangkut di tenggorokan. Jika benar, anda bisa mengambilnya perlahan.

3. Hindari memberi minum saat anak tersedak

Kalau orang dewasa bisa mengatasinya dengan banyak mengonsumsi air putih, tapi tidak untuk anak-anak. Untuk mengatasi tersedak pada anak dengan memberikan minum air putih, maka akan semakin banyak benda asing yang akan masuk ke paru-paru. Tapi, anda dapat memberikan air kepada anak, tetapi hanya jika anak dapat bernapas secara teratur.

4. Lakukan dorongan kecil di area dada

Cara mengatasi tersedak pada anak bisa dilakukan dengan mendorong lembut bagian dada anak. Anda dapat melakukan ini dengan membaringkannya secara telentang dan menopang lengan bawah, dengan kepala lebih rendah dari dada.

Kemudian, letakkan tiga jari di tengah dada dan tekan ke atas (tenggorokan) sekitar 1,5 inci. Lakukan dorongan setidaknya lima kali.

Baca Juga :  4 Obat Alami Menurunkan Demam Anak, Mudah Didapat

5. Coba teknik heimlich manuver

Teknik Heimlich manuver merupakan teknik mengatasi tersedak pada anak yang dapat diterapkan untuk anak di atas satu tahun.

Caranya adalah dengan mengambil posisi berdiri atau berlutut di belakang anak, lalu melingkarkan tangan ibu pada tubuhnya.

Kemudian, buat kepalan tangan dan letakkan sedikit di atas pusar. Selanjutnya, tekan kepalan tangan dengan tangan yang lain. Lanjutkan dengan melakukan hentakan dengan cepat ke bagian atas.