fbpx
5 Hal Ini Harus Diketahui Sebelum Investasi Properti

5 Hal Ini Harus Diketahui Sebelum Investasi Properti

Properti memang merupakan bagian dari investasi menarik yang banyak diminati saat ini, meski membutuhkan modal yang besar, namun berbanding lurus dengan manfaat yang diberikannya. Pasalnya, harga properti akan selalu naik dan tidak pernah turun.

Karena itu, investasi ini menarik perhatian dari tahun ke tahun, dan harga properti bisa naik sekitar 10-15 persen. Anda bisa berinvestasi di berbagai jenis properti, baik berupa ruko, tanah, apartemen maupun rumah. Dengan beberapa pilihan tersebut, anda harus menentukan properti mana yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Apakah anda siap untuk berinvestasi di bidang properti? Sebelum memutuskan untuk berinvestasi di properti, anda perlu mengetahui beberapa hal berikut ini:

1. Ketahui apa itu investasi properti

Setelah memahami arti dan kelebihan dari investasi properti, anda pasti akan semakin tertarik dengan investasi ini. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari investasi properti dalam banyak cara. Setidaknya, anda bisa memilih salah satu metode investasi properti yang paling umum, yaitu investasi sewa properti.

Baca Juga :  Bibit, Salah Satu Aplikasi Reksadana Terbaik Indonesia

2. Ketahui jenis properti yang dibutuhkan

Seperti yang kita ketahui bersama, jenis properti ini berbeda-beda. Bukan hanya rumah dan tanah, melainkan juga apartemen, ruko, hotel, rumah sewa, vila dan lainnya. Oleh karena itu, anda harus tahu mana yang harus dibeli sesuai dengan kebutuhan anda.

Misalnya, jika anda berencana untuk menikah, sebaiknya pilih properti rumah tapak dengan kapasitas lebih besar dari apartemen.

3. Waktu investasi yang tepat

Pastikan untuk berinvestasi pada waktu yang tepat. Ada dua pola siklus musim investasi properti di Indonesia, yaitu musim akselerasi atau deselerasi. ‘Rotasi’ musim ini dapat berlangsung selama beberapa tahun, tergantung pada kebijakan suku bunga, tren ekonomi nasional dan kondisi keuangan lainnya.

4. Lokasi dan akses properti

Dua faktor yang saat ini menentukan pertumbuhan harga properti adalah lokasi dan akses menuju lokasi properti itu. Seberapa dekat dengan pusat kota, pusat bisnis atau fasilitas utama lainnya di sekitar properti. Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke bandara, stasiun keretaatau terminal bus.

Baca Juga :  Download Aplikasi Tanamduit, Banyak Pilihan Produk

Lebih lanjut, sistem transportasi umum apa yang tersedia dan seberapa mudah dijangkau. Kedua hal ini penting karena memiliki dampak besar pada harga properti  saat pertama kali dijual atau disewakan.

5. Cek harga pasar

Jangan terburu-buru membeli properti. Sebelum memutuskan untuk membeli, Satu hal yang harus anda perhatikan adalah harga pasar saat ini. Anda harus mengetahui harga pasaran properti yang ingin anda beli. Pengecekan harga pasar bisa dilakukan secara online atau riset langsung. Jadi anda bisa mendapatkan harga investasi properti yang terbaik dan paling menguntungkan.