fbpx
7 Kebiasaan Buruk Pemicu Asam Lambung, Hindari Ya!

7 Kebiasaan Buruk Pemicu Asam Lambung, Hindari Ya!

Ada beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan asam lambung, sehingga membuat perut terasa perih. Ya, asam lambung atau GERD memang dapat menyebabkan sakit perut bagi pengidapnya.

Orang dengan GERD juga mungkin mengalami nyeri dan sensasi panas pada dada, yang dapat menjalar ke leher. Lantas, kebiasaan apa saja yang bisa menyebabkan asam lambung?

1. Sering makan buah dan sayur yang asam

Buah dan sayuran jenis ini dapat menjadi penyebab asam lambung. Oleh karena itu, cobalah untuk menghindari makan jeruk, lemon atau anggur karena bersifat asam.

Selain itu, hindari menambahkan cuka pada tomat dan salad. Perlu diingat bahwa jenis buah dan sayuran ini dapat menyebabkan asam lambung, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong.

Baca Juga :  6 Cara Cepat Mengatasi Cegukan, Terbukti Ampuh

2. Suka makanan dan minuman bergas

Anda harus menghindari makanan yang menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung. Salah satunya, menghindari makanan yang mengandung gas dan terlalu banyak serat. Misalnya sawi, nangka, kol, pisang ambon, kedondong dan buah-buahan yang kering.

3. Makan berlebihan

Bagi orang yang sering makan berlebihan, rasanya perlu harap-harap cemas. Karena, saat perut terisi, makanan bisa menekan diafragma.

Kondisi ini pada akhirnya akan membuat kita merasa sesak napas. Tak hanya itu, lambung yang terisi penuh juga bisa memicu kembalinya makanan ke kerongkongan.

Selain itu, makan banyak juga bisa menyebabkan masalah pencernaan. Nah, kondisi ini bisa menimbulkan gejala seperti kembung, mual, kembung dan sakit perut.

4. Kebiasaan minum kopi

Minuman ini bisa merangsang produksi asam lambung. Sehingga, penderita asam lambung wajib menghindari minuman ini.

5. Sering mengonsumsi makanan bercuka dan pedas

Makanan pedas dan bercuka juga termasuk dalam kelompok makanan penyebab asam lambung. Penderita asam lambung harus memperhatikan makanan pedas ini karena dapat mengiritasi lapisan kerongkongan dan menyebabkan sakit pada ulu hati.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Sakit Pinggang yang Wajib Anda Coba

Selain itu, ada beberapa makanan yang berasal dari karbohidrat yang harus dihindari oleh penderita asam lambung. Misalnya mie, bihun, ubi, jagung dan lainnya.

6. Berbaring setelah makan

Apakah anda memiliki kebiasaan berbaring setelah makan? Waspadalah, kebiasaan ini akan menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Saat berbaring, tubuh tidak lagi memiliki gaya gravitasi untuk membantu menjaga isi perut tetap berada di perut. Saat berbaring, makanan yang anda makan berisiko bocor melalui sfingter esofagus. Karena itu, hindari berbaring setelah makan untuk mencegah naiknya asam lambung.

7. Makan makanan berlemak

Jenis makanan ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan asam lambung. Cobalah untuk menghindari makanan berlemak tinggi seperti daging sapi, kentang goreng, keripik kentang, es krim, susu, keju dan makanan berminyak lainnya.