fbpx
5 Cara Paling Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

5 Cara Paling Jitu Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari

Susah tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat menyebabkan stres. Kurang tidur dapat menyebabkan orang menjadi mudah tersinggung, stres dan kelelahan secara emosional.

Hal ini tentu saja mengurangi produktivitas dan mengganggu hubungan dengan orang lain. Ada beberapa cara untuk mengatasi susah tidur, di antaranya sebagai berikut:

1. Atur jadwal tidur secara bertahap

Mungkin anda memang ingin segera memiliki jadwal tidur yang maksimal. Namun, jika selama ini anda mengalami masalah tidur, sebaiknya anda menyesuaikan waktu tidur secara bertahap.

Anda bisa menambahkannya sedikit demi sedikit setiap harinya. Lakukan ini secara teratur sampai anda merasa telah mengembangkan kebiasaan tidur yang cukup.

Butuh kesabaran untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Dan, jangan lupa untuk selalu mengikuti jadwal tidur harian anda, termasuk di akhir pekan. Sebab, hal itu dapat mengganggu tidur anda selanjutnya.

Baca Juga :  Ini Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

2. Ciptakan suasana tidur yang nyaman

Agar lebih cepat terlelap, buatlah suasana di kamar tidur senyaman mungkin. Matikan lampu atau batasi pencahayaan dengan lampu tidur saja, dan sesuaikan suhu kamar agar tetap sejuk.

Jauhi semua perangkat elektronik atau gadget sebisa mungkin sebelum tidur, karena cahaya dari perangkat elektronik dapat mengganggu produksi melatonin, yaitu hormon yang membantu anda tertidur.

Selain itu, anda dapat merilekskan tubuh dan pikiran dengan menggunakan minyak esensial atau aromaterapi untuk menciptakan suasana tidur yang lebih nyaman.

3. Hindari minum alkohol dan berkafein

Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan menghindari minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, teh dan minuman bersoda atau minuman berenergi, terutama pada sore hari dan sebelum tidur malam.

Selain itu, hindari mengonsumsi makanan dalam jumlah besar sebelum tidur. Ini penting karena makan sebelum tidur dapat mengaktifkan kembali saluran pencernaan dan membuat anda tetap terjaga.

Apalagi bagi penderita asam lambung, makan dalam porsi besar akan memperparah gejala yang mempengaruhi kondisi susah tidur.

Baca Juga :  Ketahui Tipe dan Tanda-tanda Orang Kurang Tidur

4. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur minimal 30 menit sehari dapat meningkatkan kualitas tidur. Meskipun demikian, anda tidak disarankan untuk melakukan olahraga sebelum tidur.

Hal ini justru akan membuat anda semakin sulit untuk terlelap, karena olahraga sebelum tidur bisa menghasilkan efek stimulant.

5. Konsultasikan dengan profesional

Jika anda telah mencoba semua cara di atas tetapi masih tidak bisa tertidur, maka inilah saatnya untuk mencari bantuan profesional.

Anda perlu memeriksakan kondisi anda untuk mengetahui apakah ada gangguan kesehatan yang menyebabkan anda susah tidur.