fbpx
5 Cara Mengatasi HP Terkena Air, Gak Usah Panik!

5 Cara Mengatasi HP Terkena Air, Gak Usah Panik!

Ada risiko kerusakan pada setiap peralatan elektronik, termasuk HP saat terkena air. Bagaimana cara memperbaiki HP yang terken air?

HP anda mungkin saja tiba-tiba terkena air. HP mungkin secara tidak sengaja jatuh ke dalam ember berisi air atau bahkan terkena tumpahan air. Jangan panik! Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi HP yang terkena air.

Berikut KulikMedia bagikan selengkapnya untuk anda:

1. Matikan dan bongkar HP

Cara mengatasi HP terkena air yang pertama adalah dengan mematikan dan membongkarnya. Sekejap HP terkena atau terendam air, maka segera matikan, dan jangan dihidupkan dulu. Jika HP masih hidup, matikan saja.

Setelah itu, segera keluarkan baterainya. Tujuannya agar komponen-komponen yang ada di dalam handphone tidak korsleting dan HP tidak bisa dihidupkan kembali.

Selain itu, bagian lain dari HP yang harus dibongkar antara lain kartu memori, kartu SIM dan casing HP. Hal ini berguna untuk mempercepat proses pengeringan dan menghilangkan sisa air yang masih menempel pada HP.

Baca Juga :  Cara Cek Nomor Telkomsel, Indosat, XL, Tri dan Lainnya

2. Goyangkan HP

Cara mengatasi HP terkena air berikutnya yakni menggoyangkan perangkat secara perlahan. Dengan cara ini, anda dapat menghilangkan air yang tersangkut di jack HP, port pengisian daya dan lainnya. Jika anda memiliki penyedot debu, gunakan pada jarak yang aman atau gunakan peniup.

3. Jangan gunakan pengering rambut

Beberapa orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan air. Tapi jangan mencoba mengeringkan HP anda dengan pengering rambut ya!

Panas yang dihasilkan oleh pengering rambut dapat merusak komponen internal handset secara permanen dan dapat melelehkan beberapa bagian HP.

4. Membantu proses pengeringan

Jangan buru-buru membawa HP anda ke tukang reparasi. Setelah mematikan HP dan mengeluarkan semua komponennya, hal selanjutnya yang harus dilakukan untuk mengatasi HP terkena air adalah dengan mengeringkannya hingga kering dengan kipas angin, tisu atau kain kering yang bersih. Cara ini bisa membantu membersihkan noda di HP.

5. Pasang kembali komponen HP

Setelah betul-betul kering, pasang kembali semua komponen atau bagian yang dibongkar tadi. Setelah itu, sebelum benar-benar menyalakannya, sambungkan charger untuk mengisi daya HP.

Baca Juga :  3 Aplikasi Antivirus Terbaik untuk Android, Yuk Download!

Jika indikator pengisian daya baterai HP menyala, berarti HP anda telah kembali normal dan dapat digunakan kembali.

Waspadalah terhadap ‘perilaku aneh’ si HP setidaknya selama beberapa hari. Selain itu, uji semua komponen dari HP terkait

Lakukan panggilan untuk mengecek apakah mikrofon dan earphone berfungsi, dan uji speaker-nya.