fbpx
Ini Dia Berbagai Cara Melancarkan Peredaran Darah

Ini Dia Berbagai Cara Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah adalah proses di mana jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Ketika darah bersirkulasi atau beredar, ia mengangkut oksigen dan nutrisi ke sel-sel tubuh dan membuang limbah.

Oleh karena itu, peredaran darah yang baik sangat penting untuk menjaga keseluruhan fungsi organ tubuh.

Cara melancarkan peredaran darah

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan peredaran darah adalah dengan mengonsumsi makanan yang seimbang. Berikut empat cara menjaga kesehatan peredaran darah yang bisa anda ikuti:

1. Menjaga berat badan ideal

Berat badan ideal dapat mencegah risiko obesitas, yang dapat menyebabkan penumpukan plak arteri.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, konsumsilah makanan dan minuman yang bergizi seimbang, serta hindari makanan yang dapat meningkatkan lemak tubuh dan kolesterol jahat.

2. Olahraga rutin

Dengan olahraga rutin, pembuluh darah akan dapat mengembang dan bekerja lebih efisien. Saat berolahraga, jantung akan memompa lebih banyak darah ke seluruh bagian tubuh untuk melancarkan peredaran darah.

Baca Juga :  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

3. Mengonsumsi makanan yang melancarkan peredaran darah

Makanan dapat memengaruhi sistem peredaran darah anda dalam beberapa cara. Delima, cabai dan sayuran berdaun hijau mengandung nitrit oksida yang melebarkan pembuluh darah dan memungkinkan darah mengalir lebih efisien. Nah, mengonsumsi bit, kacang kenari dan kunyit dapat meningkatkan produksi nitrit oksida.

Untuk mendukung kesehatan pembuluh darah dan mencegah penyumbatan kolesterol, anda bisa mengonsumsi ikan yang kaya akan asam lemak omega-3.

Jangan lupa makan makanan yang kaya akan antioksidan, seperti bawang bombay, buah-buahan sitrus dan aneka berry, untuk melindungi pembuluh darah dari radikal bebas.

4. Mengelola stres

Ketika tubuh anda berada di bawah tekanan, pembuluh darah berkontraksi, sehingga mengganggu peredaran darah. Stres memang tidak bisa dihindari, namun ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengelolanya agar tidak terus-terusan.

Selain metode populer seperti meditasi dan teknik pernapasan, anda juga dapat melakukan hal lain yang anda sukai, seperti mendengarkan musik, minum teh hangat, melakukan yoga, menghubungi teman dan sebagainya.

Baca Juga :  6 Cara Efektif Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Faktor-faktor yang berperan penting dalam melancarkan peredaran darah sebenarnya berasal dari gaya hidup sehat dan pola makan yang tepat. Jadi, sudahkah anda melakukan setidaknya satu dari lima metode di atas?