fbpx
Daftar 5 Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Daftar 5 Makanan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Tidak semua makanan cocok untuk ibu hamil, seperti makanan laut tertentu dengan kandungan merkuri yang tinggi.

Bahkan sedikit makanan yang mengandung merkuri dapat menjadi racun bagi sistem saraf, sistem kekebalan tubuh dan ginjal ibu hamil. Hal ini dapat menyebabkan masalah perkembangan yang serius pada bayi di kandungannya.

Jenis makanan tertentu mungkin tidak membahayakan ibu, tetapi bisa berbahaya bagi bayi, meski tidak fatal, seperti risiko kelahiran prematur. Berikut daftar makanan yang harus dihindari ibu hamil:

1. Ikan bermerkuri

Makan ikan selama hamil sebenarnya bermanfaat karena mengandung protein dan omega-3. Namun, ibu hamil sebaiknya menghindari makan ikan yang mengandung merkuri, terutama kadar merkuri yang sangat tinggi.

Meskipun hampir semua ikan laut mengandung merkuri, ada beberapa jenis ikan dengan kandungan merkuri sangat tinggi.

Baca Juga :  4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Misalnya: hiu, makarel raja, tuna sirip kuning dan ikan besar lainnya. Meski ikan-ikan tersebut belum terlalu familiar dan jarang diperdagangkan di Indonesia, tak ada salahnya ibu hamil mengetahui jenis ikan yang harus dihindari. Karena, paparan merkuri selama masa kehamilan dapat mengganggu perkembangan otak bayi.

2. Makanan cepat saji

Meski rasanya enak, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan cepat saji yang berlebihan, seperti burger, kentang goreng atau ayam goreng.

Ini karena makanan cepat saji mengandung lemak trans, yang meningkatkan risiko obesitas, bayi lahir besar dan kelahiran prematur.

3. Telur mentah

Telur mentah juga merupakan makanan yang dilarang untuk ibu hamil karena dapat terkontaminasi salmonella.

Gejala infeksi Salmonella di antaranya: demam, mual, muntah, kram perut dan diare.

Meskipun infeksi ini jarang terjadi, namun dapat menyebabkan kram rahim, yang menyebabkan kelahiran prematur atau meninggal di dalam kandungan.

4. Daging mentah dan tidak matang

Beberapa masalah yang sama seperti ikan mentah ditemukan pada daging mentah. Makan daging setengah matang atau mentah meningkatkan risiko infeksi berbagai bakteri atau parasit, seperti toxoplasma gondii, E. coli, listeria dan salmonella.

Baca Juga :  Hasil Penelitian: Jalan Kaki Bisa Bikin Umur Panjang

Bakteri-bakteri itu dapat mengancam kesehatan anak, juga dapat menyebabkan kematian dalam kandungan atau penyakit saraf yang serius, seperti cacat intelektual, kebutaan dan epilepsi.

Meskipun sebagian besar bakteri ada di permukaan daging yang dipotong, bakteri lain mungkin tetap berada di serat otot.

5. Susu mentah

Susu juga termasuk dalam daftar makanan dan minuman pantangan bagi ibu hamil. Inilah sebabnya mengapa ada susu untuk ibu hamil untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisinya. Namun, ibu hamil tidak boleh minum susu secara sembarangan.

Susu mentah dapat menyebabkan keracunan karena bakteri mungkin masih ada di dalamnya. Hindari minum susu mentah yang tidak dipasteurisasi, baik itu susu, susu kambing atau susu hewani mentah lainnya, karena berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.