fbpx
6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

6 Cara Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kebiasaan baik harus anda lakukan dalam sehari-hari untuk meningkatkan pertahanan alami anda, sementara yang lain dapat menekan fungsi kekebalan anda.

Anda perlu mengetahui bahwa tubuh memiliki dua tipe dasar kekebalan, yakni bawaan dan diperoleh melalui usaha. Nah, sistem kekebalan bawaan merupakan ‘pertahanan’ pertama yang dimiliki oleh tubuh.

Berikut adalah enam kebiasaan seumur hidup yang harus diterapkan untuk meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh selalu dalam keadaan baik:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga teratur selama 30 menit sehari atau minimal 3-5 kali seminggu dapat meningkatkan respons imun tubuh terhadap infeksi. Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan anda. Serta, mudah dilakukan. Misalnya, jalan kaki, jogging atau bersepeda.

2. Konsumsi makanan nabati

Jika anda banyak mengonsumsi makanan nabati, tubuh anda akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin B12, kalsium, zat besi, seng dan yodium. Anda dapat menemukan semua nutrisi itu dalam makanan utuh.

Baca Juga :  Penting! Ketahui 6 Cara Menjaga Kesehatan Paru-paru

Namun, selama anda memastikan bahwa tubuh anda mendapatkan nutrisi yang cukup dan tepat untuk membangun sistem kekebalan yang kuat, anda tidak perlu mengubah kebiasaan makan anda.

3. Istirahat yang cukup

Kualitas tidur erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Tidur yang cukup dan baik dapat menjaga bahkan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur bisa membuat tubuh mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup sesuai dengan usia anda. Orang dewasa biasanya membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur per hari, sedangkan remaja membutuhkan sekitar 8-10 jam tidur per hari.

4. Kelola stres dengan baik

Ketika stres tidak dapat dikelola dengan baik, produksi hormon kortisol dalam tubuh secara otomatis akan meningkat.

Peningkatan produksi hormon kortisol dalam jangka panjang secara perlahan akan menurunkan daya tahan tubuh. Untuk mencegahnya, penting untuk mengelola stres dengan baik agar tidak mengurangi daya tahan tubuh.

5. Berhenti merokok

Ada sejuta alasan untuk tidak merokok, menjaga sistem kekebalan tubuh anda tetap kuat adalah salah satu alasan yang tepat. Oleh karenanya, bagi anda yang selama ini merokok, yuk segera hentikan kebiasaan tidak bagus itu.

Baca Juga :  8 Cara Efektif dan Cepat Mengatasi Perut Kembung

6. Menjaga berat badan ideal

Kenaikan berat badan tidak hanya memicu kondisi kesehatan kronis, tetapi juga mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang mengalami obesitas (indeks massa tubuh lebih tinggi dari 25) memiliki tingkat limfosit dan sel NK yang lebih rendah, yang dapat mengurangi fungsi kekebalan tubuh.

Lebih lanjut, penelitian juga menunjukkan ketika orang obesitas kehilangan berat badannya, fungsi kekebalan mereka akan meningkat.