fbpx
Cara Mengobati Katarak Selain Operasi

Cara Mengobati Katarak Selain Operasi

Umumnya, ketika seseorang bertambah tua, salah satu penyakit yang sering dihadapi adalah katarak. Katarak merupakan penyakit kesehatan mata yang dapat menyebabkan penglihatan kabur.

Jika anda mengalami ciri-ciri katarak, seperti penglihatan kabur, berkabut dan mudah silau, sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis mata.

Meski tidak menyakitkan, katarak bisa mengurangi kenyamanan penderita saat melihat. Selain itu, gangguan penglihatan ini juga bisa berbahaya saat mengemudi atau beraktivitas di malam hari.

Di bawah ini KulikMedia informasikan penyebab katarak selain faktor usia:

  • Diabetes
  • Efek samping penggunaan obat steroid tertentu
  • Cedera mata akibat terapi radiasi pada tubuh bagian atas
  • Mata sering terkena sinar matahari tanpa perlindungan kacamata yang memadai

Cara mengobati katarak

Ada beragam cara untuk mengobati katarak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menggunakan kacamata atau lensa kontak yang tepat

Katarak ringan dapat diatasi dengan memakai kacamata atau lensa kontak dengan resep yang tepat.

Baca Juga :  Kerap Pusing Setelah Makan? Ini Cara Mengatasinya

Pastikan anda melakukan pemeriksaan kesehatan mata secara rutin untuk mengetahui kondisi mata anda agar dokter dapat meresepkan alat bantu membaca yang akurat.

2. Mengubah gaya hidup

Penderita katarak perlu mengubah gaya hidupnya. Cobalah untuk meningkatkan pencahayaan di rumah anda dengan menambahkan lebih banyak lampu atau mengganti lampu dengan yang lebih terang.

Saat keluar di siang hari, pastikan penderita katarak memakai kacamata hitam dan topi dengan tepi lebar untuk mengurangi silau. Selain itu, hindari atau batasi mengemudi di malam hari, karena gangguan penglihatan ini bisa berbahaya saat mengemudi terutama di malam hari.

3. Operasi katarak

Jika perubahan gaya hidup dan alat bantu melihat tidak lagi efektif dalam mengobati gangguan penglihatan ini, atau saat katarak memburuk, dokter biasanya menyarankan untuk melakukan operasi.

Operasi katarak dilakukan dengan cara menghilangkan lensa yang keruh kemudian menggantinya dengan lensa buatan yang bening, Orang yang telah menjalani operasi katarak terkadang mengalami penglihatan kabur lagi setelah beberapa tahun. Kondisi ini dapat menyebabkan kapsul mata menjadi keruh.

Baca Juga :  7 Cara Alami Mengatasi Perut Buncit Jadi Rata

Banyak dokter menyarankan operasi untuk membuka kapsul mata dengan laser untuk mengembalikan penglihatan sekali lagi.