fbpx
5 Cara Tidur Lebih Mudah di Setiap Malam, Terapkan!

5 Cara Tidur Lebih Mudah di Setiap Malam, Terapkan!

Tidur merupakan aktivitas yang sangat penting bagi fungsi otak dan tubuh. Kurang tidur bisa membuat otak sibuk dan tertekan.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan tidur kurang berkualitas, seperti mengalami insiden yang membuat stres atau memiliki bayi setelah melahirkan.

Bagi kebanyakan orang, masalah tidur dapat sembuh sendiri dalam waktu yang cepat. Namun, ika kurang tidur memengaruhi hidup anda, maka inilah saatnya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Namun sebelum ke dokter, ada beberapa cara untuk merilekskan tubuh dan membantu anda tertidur lebih cepat. Berikut KulikMedia bagikan untuk anda.

1. Mandi air panas sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur juga dianggap sebagai cara untuk mempercepat seseorang tertidur di malam hari. Hal ini  dikarenakan mandi air hangat dapat merilekskan tubuh dan membantu mengatur suhu tubuh.

2. Hindari kafein

Kafein bertindak sebagai stimulan dalam tubuh dan dapat membuat anda tetap terjaga di malam hari. Akibatnya, kualitas tidur anda akan terganggu.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Mengusir Kantuk di Siang Hari, Praktikkan

Oleh karena itu, penting bagi orang yang sulit tidur di malam hari menghindari kafein sebagai cara agar cepat terlelap.

Namun, bukan berarti anda tidak boleh mengonsumsi kafein. Kafein boleh saja dikonsumsi, tetapi sebaiknya dikonsumsi minimal empat jam sebelum tidur untuk menghindari kesulitan tidur.

3. Perhatikan asupan makanan sebelum tidur

Apa yang anda makan akan memengaruhi kualitas tidur. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa makanan tinggi karbohidrat dapat membuat sulit tertidur.

Jika anda ingin makan makanan tinggi karbohidrat saat makan malam, anda harus memakannya setidaknya empat jam sebelum tidur. Waktu empat jam dianggap cukup untuk mencerna makanan.

Disarankan agar anda tidak makan makanan yang kaya karbohidrat, tetapi sebaiknya makan dan minum camilan malam yang membantu anda tertidur. Beberapa makanan yang dapat membantu anda tertidur di malam hari di antaranya: buah kiwi, almond, kacang kenari dan teh chamomile.

4. Mendengarkan musik relaksasi

Musik dapat meningkatkan kualitas tidur. Musik bahkan bisa digunakan untuk mengobati gangguan tidur kronis seperti insomnia.

Baca Juga :  Mengenal Sleep Apnea, Gangguan Tidur Amat Bahaya

Musik ala Buddhis adalah jenis musik yang dapat membuat anda tertidur lebih cepat. Selain itu, anda juga dapat mencoba beberapa musik instrumental yang lembut untuk menenangkan hati anda.

5. Membaca buku

Membaca sebelum tidur dapat memberikan efek menenangkan dan mencegah kecemasan. Mengingat, kecemasan dapat menyebabkan gangguan tidur seseorang.

Mata lelah setelah membaca buku dapat menjadi cara mudah tertidur. Namun, carilah buku yang menarik dan tidak membosankan.

Hindari membaca buku yang berat atau membangkitkan reaksi emosional yang kuat, karena hal itu dapat membuat anda sulit tertidur.