fbpx
Jeruk Bisa Bantu Diet, Begini 3 Cara Mengonsumsinya

Jeruk Bisa Bantu Diet, Begini 3 Cara Mengonsumsinya

Jeruk dianggap sebagai sumber vitamin C terbaik bagi tubuh. Jeruk diklaim jitu dalam membantu mempercepat proses metabolisme sekaligus membakar lemak.

Seperti kebanyakan buah-buahan lainnya, jeruk juga mengandung karbohidrat, air, sedikit protein dan lemak, serta relatif rendah kalori.

Hal ini dapat mendukung lebih banyak optimasi penurunan berat badan. Berikut manfaat jeruk untuk diet dan tips mengonsumsinya.

1. Kandungan vitamin C yang tinggi

Kandungan vitamin C pada buah jeruk dapat membantu fungsi tubuh berperan dengan normal. Serta, membantu menurunkan berat badan.

Untuk diketahui, orang yang mengonsumsi cukup vitamin C atau lebih tinggi dapat meningkatkan oksidasi lemak tubuh disertai dengan olahraga intensitas sedang.

Sebaliknya, kekurangan vitamin C seringkali lebih sulit untuk menghilangkan lemak dan menghambat penurunan berat badan.

2. Kaya serat

Buah jeruk yang dimakan utuh atau diolah menjadi jus tanpa pemanis mengandung banyak serat, yang dapat membuat anda kenyang lebih lama.

Baca Juga :  Ini Buah-buahan yang Bagus Disantap Saat Malam Hari

Serabut putih dalam jeruk juga mengandung pektin, yakni serat yang berperan mengikat kelebihan lemak dan meningkatkan pencernaan. Anda dapat makan jeruk utuh untuk meningkatkan rasa kenyang. Ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan.

3. Rendah kalori

Saat anda melakukan diet, tubuh anda perlu mengonsumsi lebih sedikit kalori untuk menurunkan berat badan secara efektif. Tetapi ini tidak berarti anda makan lebih sedikit.

Buah-buahan seperti jeruk dapat menambah nutrisi pada makanan anda tanpa menambah banyak kalori.

Jeruk dikenal sebagai buah yang rendah kalori namun bergizi. Sehingga, jeruk sangat cocok dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan gizi sehari-hari. Buah yang manis dan sedikit asam ini bahkan hanya menyediakan 47 kalori per 100 gramnya.

Cara mengonsumsi jeruk untuk diet

Sedikitnya ada tiga cara mengonsumsi jeruk untuk diet yang bisa anda terapkan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Konsumsi sebelum makan

Jeruk mengandung 3,1 gram serat total makanan. Kandungan serat ini akan mengisi perut lebih lama. Jika anda makan jeruk sebelum makan, kandungan serat di dalam buah bisa membuat anda merasa kenyang. Ini akan memungkinkan anda untuk makan lebih sedikit.

Baca Juga :  Cara Menghitung Banyaknya Kalori Harian untuk Diet

2. Jadikan jeruk sebagai camilan

Kandungan kalori jeruk lebih rendah dibandingkan camilan lainnya. Untuk diketahui, atu porsi keripik kentang tawar mengandung 154 kkal, dua kali lipat dari jeruk. Jadikan jeruk sebagai camilan bergizi mulai sekarang ya!

3. Minum saat sarapan

Anda bisa membiasakan minum jus jeruk dua kali sehari cecara rutin, yakni sekali di pagi hari dan sekali di sore hari. Minumlah jus jeruk setengah jam sebelum sarapan.

Oh ya, sebaiknya gunakan jus jeruk segar ya! Upayakan untuk tidak meminum jus jeruk dalam kemasan atau botol. Meski, kemasannya mengklaim 100 persen jus alami. Minum jus jeruk buatan sendiri selalu lebih baik daripada jus kemasan lainnya.