fbpx
Pemula Wajib Tahu Tips Investasi Emas Berikut Ini

Pemula Wajib Tahu Tips Investasi Emas Berikut Ini

Emas merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa dipilih oleh para pemula. Sebab, dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, investasi emas dianggap paling mudah untuk dimengerti.

Selain itu, emas merupakan barang yang harganya cenderung naik dan jarang turun tajam.

Namun, sebelum berinvestasi, ada baiknya memahami beberapa tips investasi emas untuk pemula. Hal ini perlu anda ketahui agar ke depannya tidak salah langkah.

1. Tetapkan tujuan dan buat rencana

Sebelum berinvestasi emas, anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan. Ya, anda harus memiliki tujuan, seperti berinvestasi emas untuk biaya pernikahan beberapa tahun ke depan, atau untukdalam dana pendidikan anak 10 tahun ke depan.

Dengan menetapkan tujuan yang jelas, anda dapat merencanakan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut. Jadi, jangan hanya membeli emas dan menjualnya sewaktu-waktu.

Baca Juga :  5 Hal Ini Harus Diketahui Sebelum Investasi Properti

2. Pantau tren harga emas

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah rutin memantau perkembangan harga emas. Saat ini, tidak sulit untuk memantau tren harga emas.

Banyak website di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap hari. Lalu ada aplikasi di ponsel yang juga bisa menampilkan tren harga emas.

Apa pentingnya memantau tren harga emas? Meski emas dikenal sebagai instrumen investasi paling stabil, terkadang harganya turun. Meski jarang terjadi, tidak ada salahnya untuk memantau tren harga emas, bukan?

3. Beli emas di tempat terpercaya

Cara berinvestasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat membeli emas. Ada beberapa tempat di mana emas batangan dijual untuk investasi.

Tetapi anda harus membeli emas di tempat yang resmi dan terpercaya. Salah satu tempat yang direkomendasikan yakni PT Antam. Anda dapat membeli langsung di gerai penjualan emas di kantor Antam atau di website e-commerce yang menjual emas dari perusahaan tersebut secara resmi dan legal.

Selain itu, anda bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian.

Baca Juga :  3 Tips Dasar Investasi Saham, Wajib Diketahui Pemula

4. Penyimpanan emas yang aman

Hal lain yang perlu diperhatikan investor pemula adalah di mana emas yang mereka beli disimpan. Kecerobohan dalam penyimpanan membuat emas yang telah disimpan bertahun-tahun berisiko hilang.

Penyimpanan emas dapat dilakukan dengan menyimpannya di brankas rumah, atau di safe deposit box (SDB).

SDB adalah layanan penyimpanan barang berharga yang biasanya disediakan oleh bank. Selain itu, disediakan juga di Antam. Sementara itu, bagi anda yang tidak ingin memikirkan di mana harus menyimpan emas yang anda miliki, bisa berinvestasi dengan sistem taungan emas seperti Pegadaian.