fbpx
4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

4 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Menurunkan berat badan bisa jadi perjuangan berat bagi sebagian orang. Dari olahraga hingga diet ketat, semuanya dilakukan untuk mencapainya. Namun, ahli diet mengatakan bahwa menurunkan berat badan seharusnya tidak menyiksa diri, apalagi dengan mengorbankan kesehatan.

Proses itu dapat dilakukan dengan mengubah pola makan dan memperkenalkan kebiasaan makan yang lebih bersih dan bergizi. Ada tiga cara cerdas yang memungkinkan seseorang menurunkan berat badan sesuai kebutuhan tanpa melakukan sesuatu yang terlalu menyiksa.

Seseorang dapat menciptakan defisit kalori dalam makanannya tanpa mengorbankan kesehatannya. Defisit kalori pada dasarnya adalah kekurangan jumlah kalori yang dikonsumsi seseorang dibandingkan dengan jumlah kalori yang dibutuhkan untuk mempertahankan berat badan saat ini.

Berikut beberapa cara jitu menurunkan berat badan tanpa diet ketat tanpa menyiksa.

1. Latihan beban

Latihan beban karena dapat membantu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan massa otot.

Baca Juga :  Ketahui 7 Penyebab Kaki Gatal, Salah Satunya Diabetes

2. Puasa intermiten

Puasa intermiten melibatkan puasa untuk jangka waktu tertentu setelah mengonsumsi makanan sehat. Prinsip dasarnya adalah memberikan waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan, membakar kelebihan lemak tubuh dan detoksifikasi. Hal itu lebih sesuai dengan ritme sirkadian tubuh.

3. Asup 1 gram protein per kilogram berat badan

Makan lebih banyak protein dalam menu makanan sehari-hari. Karena itu, kita bisa kenyang lebih lama tanpa merasa lapar dan ‘terpaksa’ makan sepanjang hari.

4. Tidur yang cukup

Orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur setiap malam. Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa waktu tidur yang kurang dari 30 menit dapat mengakibatkan peningkatan risiko resistensi insulin dan obesitas. Artinya, jika anda tidak tidur dalam waktu yang disarankan, maka risiko penyakit lain akan lebih besar.

Jika anda tidak bisa tidur setiap malam, anda bisa mencoba mematikan lampu dan menyesuaikan suhu ruangan. Namun, jika cara ini masih tidak berhasil, anda bisa mencoba berkonsultasi ke dokter. Perlu diingat bahwa tidur yang cukup sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga :  Ini Jeda Waktu yang Baik Antara Makan dan Tidur

Itulah beberapa cara jitu menurunkan berat badan tanpa diet ketat yang menyiksa. Selamat mencoba dan semoga berhasil!