fbpx
Cara Mengatasi Asma yang Dipicu Stres, Lakukan Ini!

Cara Mengatasi Asma yang Dipicu Stres, Lakukan Ini!

Asma merupakan penyakit paru-paru yang dapat membuat orang mengalami kesulitan bernapas atau sesak napas. Kekambuhan asma mungkin saja terjadi karena paparan alergen seperti debu dan tungau.

Selain itu, jika penderita sedang mengidap stres, asma bisa kambuh. Ya, stres dapat memicu pelepasan histamin yang cukup banyak sehingga menyebabkan reaksi peradangan.

Tidak bisa dipungkiri ketika seseorang sedang stres, akan muncul gejala seperti sesak napas, batuk, mengi atau nyeri dada, mirip dengan asma.

Inilah sebabnya mengapa penderita asma perlu mengontrol stres untuk menghindari kekambuhan tersebut.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi asma yang dipicu oleh stres. Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah.

Cara mengatasi asma yang dipicu stres

Sedikitnya ada lima cara mengatasi asma akibat stres yang perlu anda ketahui. Simak dengak saksama ya!

Baca Juga :  5 Cara Paling Efektif Menangani Tekanan Darah Rendah

1. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat secara teratur dapat menekan faktor risiko asma. Hal ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola makan khusus bagi penderita asma. Pastikan untuk mengurangi atau menghindari asupan gula, kafein dan alkohol yang berlebihan ya!

2. Lakukan pernapasan dalam

Langkah ini bisa dilakukan dengan menarik napas dalam seserimg mungkin. Saat gejala asma mulai muncul, sangat disarankan agar tarik napas dalam dan melalui hidung.

3. Berolahraga secara teratur

Tahukah anda bahwa olahraga teratur bagi penderita asma dapat meningkatkan kapasitas organ paru-paru? Selain itu, olahraga dapat meningkatkan aliran darah yang kaya oksigen, sehingga dapat menyebar secara optimal ke seluruh tubuh.

4. Tidur yang cukup

Karena kurang tidur, asma akibat stres sangat mungkin dapat kambuh. Apalagi jika anda memiliki banyak pikiran. Untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, anda dapat mengatur waktu tidur harian. Jangan mengonsumsi kafein atau alkohol sebelum tidur dan jangan tidur di siang hari. Serta, tidurlah dan bangun pada waktu yang sama.

Baca Juga :  5 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Musim Hujan

5. Kelola stres dengan baik

Stres dan kehidupan adalah dua bagian yang saling berkaitan, dan tidak mudah untuk menghindarinya. Namun, jika anda mengetahui penyebabnya, mengelola stres bukanlah hal yang mustahil.

Jika penyebab stres bukan asma, melainkan sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan pribadi anda, sebaiknya anda berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat. Jangan sampai stres yang anda alami malah menghambat aktivitas anda sehari-hari.