fbpx
6 Cara Efektif Mencegah Risiko Penyakit Jantung

6 Cara Efektif Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Penyebab utama seseorang menderita penyakit jantung adalah gaya hidup yang tidak sehat. Ketahuilah, ada banyak tindakan yang dapat anda lakukan untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Tindakan ini tidak hanya berlaku untuk orang sehat, tetapi juga untuk penderita penyakit jantung yang tidak ingin penyakitnya kambuh kembali.

Berikut cara yang bisa anda terapkan untuk mencegah risiko penyakit jantung:

1. Pertahankan berat badan yang sehat

Obesitas meningkatkan peluang terkena penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, mencegah obesitas sangatlah penting. Jika anda kelebihan berat badan, olahraga teratur dan diet yang teratur dapat membantu anda menurunkan berat badan.

2. Hindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak dan berolahraga secara teratur

Seperti yang kita ketahui, kurang olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine menemukan bahwa duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk mengubah gaya hidup yang sehat dan mulai berolahraga secara teratur.

Baca Juga :  Kerap Pusing Setelah Makan? Ini Cara Mengatasinya

3. Hindari minum alkohol dan merokok serta kendalikan stres

Minum alkohol dan merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida pada darah. Ini dapat membuat anda lebih rentan terhadap stroke dan gagal jantung kongestif. Selain itu, terlalu stres dapat memberikan banyak tekanan pada jantung.

Untuk mengurangi dan mengelola stres, cobalah melakukan yoga atau meditasi. Ini tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan anda untuk mempertahankan kondisi mental anda dengan baik.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama yang kaya serat.

Makanan kaya serat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan dan gandum. Lengkapi juga konsumsi serat dengan banyak minum air putih untuk melancarkan pencernaan.

5. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Untuk itu, kurangi asupan garam dan rutin minum obat antihipertensi untuk mengontrol tekanan darah.

Baca Juga :  5 Cara Alami Mengeluarkan Dahak di Tenggorakan

Selain itu, penting untuk memeriksakan tekanan darah anda setidaknya setahun sekali. Secara umum, tekanan darah seseorang yang terbaik adalah antara 90/60 mmHg dan 120/80 mmHg. Ketika hasil tes menunjukkan 140/90 mmHg atau lebih tinggi, maka tekanan darah dianggap tinggi.

6. Menjaga kadar kolesterol

Selain harus mengontrol tekanan darah, kadar kolesterol dalam tubuh juga perlu diperhatikan. Salah satu parameter kolesterol yang perlu anda perhatikan adalah kolesterol low-density lipoproteins (LDL).

Kolesterol jenis ini sering disebut sebagai kolesterol jahat yang dapat menyumbat arteri dan meningkatkan risiko penyakit arteri koroner dan penyakit jantung.

Dengan menjaga semua nilai kadar kolesterol dalam batas normal, berarti anda juga mengambil langkah untuk mencegah serangan jantung.