fbpx
8 Obat Alami yang Ampuh Atasi Keracunan Makanan

8 Obat Alami yang Ampuh Atasi Keracunan Makanan

Keracunan makanan terjadi ketika patogen ‘mencemari’ makanan atau minuman yang kita makan. Cara mengatasi keracunan makanan tergantung pada gejala yang muncul dan tingkat keparahan gejala tersebut.

Setelah mual, muntah atau diare, perut harus segera diistirahatkan. Mengistirahatkan perut di sini berarti tidak makan berat dalam beberapa jam.

Biarkan perut tenang terlebih dahulu, sembari mengonsumsi obat alami yang dapat meredakan gejala keracunan makanan. Berikut beberapa obat alami yang dapat anda konsumsi untuk mengatasi keracunan makanan:

1. Teh

Infeksi perut dapat disembuhkan dengan teh. Seduh teh peppermint, atau jika anda sulit mendapatkannya, cukup seduh teh hangat dan tambahkan beberapa tetes sari kemangi dan madu.

2. Air jahe

Campurkan air jahe dengan satu sendok makan madu untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit di perut. Campuran air jahe seperti ini adalah salah satu pengobatan rumah yang mudah didapatkan untuk mengatasi keracunan makanan.

Baca Juga :  4 Cara Efektif Mengecilkan Perut, Ini Rahasianya

3. Gula cokelat

Jika anda mengalami keracunan makanan, muntah terus-menerus dan sakit perut, tubuh anda akan menjadi lemah. Sebagai antisipasi, seduh air secukupnya dengan empat sendok teh gula cokelat agar bisa menyegarkan tubuh anda kembali.

4. Jus lidah buaya

Untuk mengatasi keracunan makanan, konsumsi jus lidah buaya juga bisa dilakukan. KulikMedia anjurkan Anda mengonsumsi 60 mg jus lidah buaya.

5. Yoghurt

Ini adalah obat rumah yang populer untuk mengatasi keracunan makanan, terutama jika anda muntah berlebihan. Pasalnya, mikroorganisme dalam yogurt dapat membantu mengobati muntah dan sakit perut.

6. Lemon

Buah ini memiliki efek antiinflamasi dan antibakteri. Inilah mengapa lemon sangat efektif dalam mengatasi keracunan makanan. Asam dalam lemon dipercaya dapat membantu membunuh bakteri penyebab keracunan makanan. Caranya, buat teh lemon dan minumlah.

7. Bawang putih

Bahan alami ini tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur. Ternyata, bawang putih juga bisa digunakan untuk meredakan gejala keracunan makanan. Kandungan bawang putih dapat membantu membersihkan sistem pencernaan.

Baca Juga :  Ini Jeda Waktu yang Baik Antara Makan dan Tidur

Tidak hanya itu, bawang putih juga memiliki efek antivirus dan antibakteri, sehingga bermanfaat untuk dikonsumsi saat keracunan makanan. Caranya, makan satu siung bawang putih segar dengan air putih.

8. Madu

Madu emiliki banyak manfaat bagi tubuh, salah satunya untuk mengatasi masalah pencernaan dan keracunan makanan. Selain itu, madu juga dapat membantu tubuh mengontrol pembentukan asam berlebih di lambung. Anda bisa mengonsumsinya langsung atau menambahkannya ke dalam secangkir teh.