fbpx
4 Cara Cek IMEI Iphone, Penting untuk Diketahui!

4 Cara Cek IMEI Iphone, Penting untuk Diketahui!

IMEI adalah bagian penting dari setiap ponsel pintar atau smartphone. Namun, tidak banyak orang yang menyadari betapa pentingnya keberadaan IMEI ini.

Selain untuk membedakan iPhone asli dan palsu, IMEI juga bisa digunakan untuk mengatasi pencuri yang mencuri iPhone anda. Sederhana saja, ketika mengetahui bahwa iPhone anda telah dicuri, harap segera laporkan masalah tersebut ke operator ponsel seluler yang anda gunakan. Pihak provider akan melacak keberadaan iPhone yang dicuri tadi.

Selain itu, pihak provider dapat membantu memblokir iPhone yang dicuri untuk sementara. Pencuri tidak bisa menggunakan iPhone untuk waktu yang lama. Lokasi atau keberadaan pencuri dapat dilacak melalui kantor provider yang anda gunakan.

Cara cek IMEI iPhone

Saat ingin membeli iPhone atau ponsel pintar lainnya, pengecekan IMEI sangatlah penting. Berikut kami bagikan cara cek IMEI iPhone yang bisa anda lakukan:

Baca Juga :  Ini Solusi Baterai Cepat Habis Usai Upgrade iOS 14.6

1. Cek nomor IMEI di bagian belakang bodi iPhone

Di bagian belakang iPhone, anda dapat menemukan beberapa informasi penting, seperti nama perangkat dan informasi terkait di mana perakitan perangkat dilakukan. Selain itu, anda juga bisa melihat nomor IMEI di sana.

2. Temukan nomor IMEI di pengaturan iPhone

Anda harus masuk ke pengaturan ponsel dan pilih menu umum atau general. Kemudian pilih tentang atau about. Lalu baca semua informasi yang muncul di layar ponsel. Di sana, anda dapat menemukan nomor IMEI yang berisi serangkaian angka dan huruf acak.

3. Temukan IMEI iPhone dengan kode USSD

Kode USSD adalah kode khusus untuk komunikasi singkat. Komunikasi itu terjadi antara perusahaan layanan operator dengan perangkat seluler tertentu.

Untuk memeriksa IMEI ponsel anda dengan kode USSD ini, anda hanya perlu menekan *#06# di menu panggil. Ini dapat dilakukan tidak hanya di iPhone, tetapi juga di semua smartphone. Nantinya, nomor IMEI iPhone muncul di layar ponsel.

Baca Juga :  3 Cara Aktifkan Kembali Kartu Telkomsel Sudah Mati

4. Ketahui IMEI iPhone melalui situs resmi Kementerian Perindustrian

Kunjungi laman http://www.IMEI.kemenperin.go.id/ untuk mengecek IMEI. Setelah login, anda dapat memasukkan nomor IMEI yang terdapat di kotak iPhone. Kemudian anda dapat melihat kesesuaian produk di dalam dan informasi di kotak iPhone.