fbpx
Simak Ini 3 Cara Mengatasi Knalpot Nembak-nembak

Simak Ini 3 Cara Mengatasi Knalpot Nembak-nembak

Beberapa pengguna kendaraan roda dua pasti pernah menghadapi kondisi knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Saat menghadapi kondisi ini, anda perlu memahami berbagai penyebab dan cara mengatasinya.

Untuk diketahui, knalpot pada kendaraan memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya, sebagai saluran pembuangan pembakaran, membantu meningkatkan tenaga, mengurangi polusi udara, meredam suara ruang bakar dan menjadi bagian dari aksesoris motor.

Berikut beberapa cara mengatasi masalah knalpot motor nembak-nembak saat gas dilepas:

1. Cek busi

Busi motor bisa jadi biang kerok knalpot nembak-nembak. Apalagi jika busi yang digunakan sudah melebihi 6000 kilometer.Walaupun busi ini bentuknya kecil tapi sangat penting peranannya untuk kendaraan, jadi jangan ragu jika dirasa motor anda sudah saatnya ganti busi baru.

2. Cek knalpot

Tips kedua untuk mengatasi suara knalpot kendaraan roda dua nembak-nembak adalah dengan mengecek kondisi knalpot. Umumnya, kondisi knalpot tidak memenuhi standar kendaraan jika didapati suara nembak-nembak.

Baca Juga :  Balik Nama Motor, Ini Syarat, Cara dan Biayanya

Anda dapat mengecek knalpot dan mengatur ulang karburator dan pilot screw untuk menyesuaikannya dengan setting-an standar.

3. Cek filter udara

Jika cara di atas masih menghasilkan suara nembak-nembak saat gas dilepas, anda bisa mengecek filter udara pada kendaraan.

Jika filter udara pada motor sudah tidak layak pakai karena kotoran yang berlebihan, disarankan untuk menggantinya dengan yang baru.

Jika anda tidak tahu cara mengecek filter udara, anda dapat segera pergi ke bengkel terdekat untuk melakukan hal itu.

Penyebab knalpot nembak-nembak

Sebagian besar pengendara roda dua tidak mengetahui apa penyebab knalpot nembak-nembak. Berikut ini adalah beberapa penyebab kenalpot nembak-nembak yang perlu anda ketahui.

1. Lupa menutup tutup choke

Penyebab pertama biasanya pengendara lupa menutup tutup choke pada sepeda motor. Choke biasanya terdapat pada sepeda motor dengan tipe jantung pacu karburator, bukan pada sepeda motor yang sudah menggunakan teknologi injeksi.

Saat lupa menutup choke, maka akan terdengar suara knalpot seperti terkena ledakan. Hal ini akan memengaruhi cepatnya aliran bahan bakar, sehingga terjadi pemborosan.

Baca Juga :  Cek Online Biaya Pajak Kendaraan Di Sini

Masalah ini sebenarnya sepele tapi sering disepelekan. Saat anda membuka choke, jangan lupa untuk segera menutupnya untuk menghindari masalah tersebut ya!

2. Knalpot bocor

Penyebab knalpot nembak-nembak berikutnya adalah knalpot tersebut mengalami kebocoran. Cara mengeceknya adalah apakah suara kendaraan bising atau tidak.

3. Ada masalah dengan saluran mesin kendaraan

Penyebab lainnya bisa jadi ada masalah pada bagian saluran mesin. Biasanya terjadi pada selang udara dan menimbulkan suara bising.

Saluran mesin dianggap penting selama proses pembakaran, sehingga dapat menahan kebisingan yang dihasilkan.

Bagian lain yang harus anda rawat adalah karburator. Hal ini menjadi perhatian karena jika anda tidak melakukan perawatan terhadapnya, maka dapat mengganggu kinerja komponen lainnya.