fbpx
Awas Aksi SIM Swap, Ini Modus & Cara Menghindarinya

Awas Aksi SIM Swap, Ini Modus & Cara Menghindarinya

SIM Swap merupakan salah satu kejahatan yang dapat terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Untuk itu, anda perlu memahami modus kejahatan ini dan cara menghindarinya.

Apa itu SIM Swap?

SIM Swap adalah kejahatan yang mengambil alih nomor ponsel dan menggunakannya sebagai sarana bagi penjahat untuk mengakses rekening bank korban.

Biasanya, kejahatan ini dilakukan dengan mengirimkan link melalui email atau pesan teks yang nantinya diakses oleh korban. Jika ini terjadi, SIM Card korban tidak bisa digunakan lagi dan pelaku akan mengambil alihnya.

Dengan begitu, pelaku bisa mengakses perbankan korban karena sudah memiliki SIM Card.

Modus SIM Swap

  • Awalnya, pelaku akan mencari informasi sebanyak mungkin tentang korban.
  • Kemudian pelaku akan mengganti SIM Card melalui gerai operator atau melalui SMS.
  • Setelah berhasil mengganti SIM Card dan menyelesaikan proses verifikasi, SIM Card yang baru akan diaktifkan untuk menggantikan SIM Card lama yang masih dimiliki oleh korban sebagai menjadi pemilik yang sah.
  • Operator seluler akan menonaktifkan SIM Card lama untuk pemilik yang sah dan mengaktifkan SIM Card untuk pelaku penipuan.
  • Transaksi dapat dilakukan melalui SIM card baru di tangan pelaku/penjahat, dan transaksi tersebut tidak akan diketahui oleh pemilik yang sah.
Baca Juga :  Cara Cepat Mengubah Ukuran Foto untuk CPNS 2021

Tips menghindari modus SIM Swap

  • Tidak memberikan data finansial kepada orang atau pihak mana pun, baik dalam bentuk Personal Identification Number (PIN)/Card Verification Code (CVC) kartu kredit, username, password dan OTP.
  • Ubah semua jenis kata sandi secara berkala.
  • Tidak membagikan data pribadi di media sosial, seperti: nama lengkap, nama ibu kandung, alamat lengkap, tempat dan tanggal lahir, serta nomor pokok (KTP) dan kartu keluarga (KK).
  • Jangan memasukkan data pribadi di situs web palsu atau fiktif. Situs web palsu atau fiktif ini dapat berupa aplikasi malware, situs web diskon palsu dan situs web yang mengobral hadiah.
  • Gunakan email atau SMS untuk mengaktifkan notifikasi bank.

Namun, jika anda telah terkena modus kejahatan SIM Swap, anda dapat melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Kami menyarankan anda memblokir semua akun bank dan media sosial yang terhubung dengan nomor ponsel anda.
  2. Segera hubungi call center operator seluler untuk mengecek status nomor ponsel.
  3. Segera hubungi bank untuk memblokir rekening.
Baca Juga :  Deretan Emoji yang Sering Disalahartikan, Padahal ...

Untuk mencegah SIM Swap, kita harus meningkatkan kesadaran dan keamanan aktivitas di dunia maya. Jika anda mendapati modus SIM Swap, jangan lupa untuk melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwajib (polisi) untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.