fbpx
4 Cara Efektif Cegah Diabetes, Lakukan Sedari Muda!

4 Cara Efektif Cegah Diabetes, Lakukan Sedari Muda!

Diabetes adalah penyakit metabolik kronis di mana gula darah penderita meningkat lebih dari 200 kali. Ini karena pankreas mengalami kerusakan dan tidak dapat memproduksi insulin secara efektif.

Diabetes sering disebut sebagai penyakit gula darah atau kencing manis. Diabetes sebenarnya dapat dicegah, dan merupakan penyakit tidak menular.

Namun, bagi orang dengan riwayat keluarga diabetes, risiko mengidap penyakit ini bisa enam kali lebih tinggi.

Cara mencegah diabetes

Ada beberapa cara untuk mencegah diabetes yang bisa dilakukan siapa saja. Di antaranya sebagai berikut:

1. Menerapkan pola makan yang sehat

Pola makan sehat adalah salah satu kunci utama untuk menghindari diabetes. Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan dan minuman tinggi gula, tinggi kalori dan tinggi lemak, seperti makanan olahan, kue, es krim dan makanan cepat saji. Untuk mengurangi risiko diabetes, batasi asupan gula harian anda hingga 40 gram atau setara dengan 9 sendok teh gula.

Baca Juga :  6 Cara Menahan Lapar Saat Diet, Jangan Asal Makan

Untuk penggantinya, tingkatkan asupan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan biji-bijian yang banyak mengandung serat dan karbohidrat kompleks.

Jika anda menyukai camilan, sebaiknya pilih camilan yang sehat, seperti susu, yogurt rendah lemak dan gula, serta kacang rebus tanpa garam. Selain itu, hindari minum minuman bersoda atau jus buah kemasan dengan kandungan gula tinggi, dan perbanyak minum air putih.

2. Berolahraga secara rutin

Orang yang berolahraga secara rutin dapat mencegah diabetes, baik saat masih muda maupun saat sudah cukup tua. Hal ini sangat efektif dalam mencegah diabetes karena olahraga dapat meningkatkan sensitivitas insulin, yang membantu mengontrol kadar gula darah.

Rajin menjalalankan aktivitas fisik juga berkaitan dengan peningkatan respons dan fungsi insulin dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk berolahraga secara teratur agar tetap sehat.

3. Berhenti merokok

Berbagai penyakit berbahaya dapat terjadi akibat kebiasaan merokok, salah satunya diabetes. Penelitian telah menunjukkan bahwa merokok dan paparan asap rokok secara pasif dapat menyebabkan diabetes. Oleh karena itu, penting untuk berhenti merokok guna mencegah diabetes berkembang di usia muda.

Baca Juga :  Ini Gejala Kolesterol Tinggi dan Cara Menurunkannya

4. Menjaga berat badan ideal

Anda dapat menggunakan kalkulator BMI (Body Mass Index) untuk menentukan berat badan ideal anda. Jika BMI tubuh anda lebih tinggi dari batas normal, maka anda mungkin mengalami obesitas. Kondisi ini merupakan salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu menjaga berat badan ideal melalui olahraga rutin dan pola makan yang sehat dan seimbang.