fbpx
Dear Newbie, Ini Lho Tips Investasi Emas yang Aman

Dear Newbie, Ini Lho Tips Investasi Emas yang Aman

Dalam memilih instrumen investasi, diharapkan calon investor terlebih dahulu memahami investasi yang dipilih. Seperti pemilihan emas yang berbeda dengan deposito yang merupakan produk pasar uang atau saham yang ‘diproduksi’ di pasar modal. Emas adalah komoditas yang dianggap bernilai tinggi.

Nah, jika anda berminat investasi emas, yuk simak tips-tipsnya di bawah inI!

1. Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum anda mulai berinvestasi emas, pastikan anda memahami tujuan investasi anda. Cara paling aman untuk berinvestasi emas adalah dengan memahami secara jelas tujuan dari investasi tersebut. Ada banyak hal yang bisa dijadikan tujuan investasi emas, seperti untuk tabungan pernikahan, pendidikan maupun investasi hari tua.

Jika anda sudah memiliki tujuan yang jelas, maka anda akan memiliki gambaran yang lebih baik terkait berapa banyak emas yang anda investasikan setiap bulannya. Ini adalah cara aman pertama bagi pemula untuk investasi emas.

Baca Juga :  Mengenal Reksadana Syariah dan Sistem Kerjanya

2. Cek harga emas dari waktu ke waktu

Harga per gram emas berubah dari waktu ke waktu. Di Indonesia sendiri, harga emas cenderung naik. Anda bisa memantau perkembangan harga emas secara online.

Misalnya, anda dapat mengecek harga emas selama 10 tahun terakhir di situs Logam Mulia Antam. Melalui pemantauan tersebut, anda dapat memahami berapa lama anda harus menyimpan emas dan kapan harus membelinya.

Meski begitu, ingatlah bahwa harga masa lalu bukanlah penentu mutlak harga masa depan. Ada banyak faktor yang memengaruhi harga emas, seperti kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat (AS), kondisi ekonomi global, penawaran dan permintaan, inflasi dan lainnya.

3. Beli emas di tempat terpercaya

Sekarang anda bisa mulai berinvestasi emas dengan mudah. Investasi emas online melalui aplikasi tertentu dapat memudahkan investor emas pemula.

Saat berinvestasi emas secara online, pastikan aplikasi investasi yang anda pilih memberikan sertifikat asli, jaminan keamanan dan menyediakan produk dan layanan investasi yang diawasi langsung oleh BAPPEBTI.

Baca Juga :  Download Aplikasi Tanamduit, Banyak Pilihan Produk

4. Pilih tempat penyimpanan yang aman

Ada banyak tempat aman untuk menyimpan emas. Salah satunya, anda bisa menyimpan emas di brankas pribadi di rumah yang dilengkapi pin dan sidik jari.

Anda juga bisa menyimpan emas secara digital di aplikasi investasi. Ya, sekarang anda bisa jual beli emas lewat aplikasi, lho! Melalui investasi emas online digital, anda dapat mulai berinvestasi emas dengan aman dan fleksibel.