fbpx
5 Cara Efektif Usir Semut dari Toples Gula, Terapkan!

5 Cara Efektif Usir Semut dari Toples Gula, Terapkan!

Semut adalah hewan yang suka mencari hal-hal manis di dapur. Namun, menyingkirkan semut dan koloninya tidaklah mudah.

Bahkan, sekalipun mereka sudah diusir, semut dan kawanan mereka akan kembali datang. Untuk mencegah agar gula tidak dikerubungi semut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengusirnya.

Cara efektif mengusir semut dari toples gula

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir semut di area dapur. Selain murah, mengingat dapur merupakan gudang sumber makanan, bahan alami ini juga bisa digunakan dengan aman.

Berikut lima bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir semut:

1. Cuka

Cuka putih dapat membunuh dan mengusir semut dan koloninya secara efektif. Campur cuka putih dan air dengan perbandingan 1:1. Masukkan ke dalam botol semprot dan kocok agar larutan tercampur.

Kemudian semprotkan larutan tersebut ke meja  dapur tempat semut berkumpul, dan area di sekitar toples gula. Ikuti barisan semut sampai anda menemukan sarangnya. Semprotkan juga sarang semut dengan larutan cuka itu.

Baca Juga :  6 Cara Efektif Mengusir dan Membasmi Kecoa di Rumah

Saat larutan mengering, semut masih bisa mencium bau cuka, dan semut akan menghindari area yang dipenuhi bau cuka.

2. Minyak esensial

Anda juga dapat menggunakan minyak esensial peppermint, tea tree dan kayu manis untuk mengusir semut. Campurkan 10 tetes minyak esensial dalam botol air bersih. Kemudian semprotkan ke area dapur dan dekat toples gula. Aroma minyak esensial efektif mengusir semut dan serangga lainnya seperti nyamuk.

3. Bubuk Kopi

Aroma dan zat asam biji kopi dibenci semut karena dapat membakar tubuhnya. Jadi untuk menjauhkan toples gula dari semut, anda bisa meletakkan semangkuk bubuk kopi atau biji kopi di dekat gula.

Atau taburi biji kopi di lemari dapur di mana anda menyimpan gula.

4. Cengkeh

Selain bau kopi, semut juga membenci bau cengkeh yang menyengat. Pada dasarnya, semut tidak menyukai tempat yang penuh dengan bau yang menyengat.

Jadi untuk menjaga gula terhindar dari semut, taruh semangkuk kecil cengkeh di lemari dapur. Atau, taburkan beberapa cengkeh di dekat toples gula.

Baca Juga :  7 Cara Efektif Mencegah Semut Kerubungi Makanan

5. Bawang Putih

Bahan dapur lain yang berbau tidak sedap dan dibenci semut adalah bawang putih. Bau bawang putih yang menyengat mengganggu indra penciuman semut, sehingga semut sulit untuk mencari sumber makanan yang beraroma manis seperti gula.

Untuk mencegah semut menyerang meja makan maupun meja dapur, anda dapat menggantungkan beberapa siung bawang putih di dekat kedua tempat itu. Ganti bawang putih setiap beberapa minggu untuk menjaga aroma segar bahan dapur tersebut.