fbpx
Pertama Kali Investasi Emas Yuk Ikuti 5 Tips Ini!

Pertama Kali Investasi Emas? Yuk Ikuti 5 Tips Ini!

Di masa pandemi saat ini, banyak orang yang semakin sadar akan pentingnya investasi. Ya, investasi menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan aset dan dana darurat, salah satunya investasi emas.

Emas tidak hanya populer sebagai alat perhiasan, tetapi juga secara luas dianggap sebagai aset investasi yang menjanjikan. Pasalnya, emas merupakan logam yang harganya cenderung naik dan jarang turun tajam.

Meski terkesan mudah menjalankan investasi emas, nyatanya anda tetap perlu berhati-hati dan teliti dalam aktivitas ini guna memaksimalkan potensi keuntungan yang akan anda dapatkan. Sebagai referensi, berikut beberapa tips investasi emas yang perlu diperhatikan oleh pemula.

1. Tetapkan tujuan

Investor pemula perlu menetapkan tujuan atau target investasi. Biasanya orang memilih tujuan jangka panjang dari investasi emas.

Misalnya, investasi emas untuk membiayai studi lanjut di masa depan, membeli rumah, pergi haji dan lainnya. contoh-contoh tersebut termasuk tujuan jangka panjang.

Baca Juga :  Cara Mengajukan Cicil Emas di Bank Syariah Indonesia

2. Pantau tren harga emas secara berkala

Tips investasi emas selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah rutin memantau tren harga emas di pasar. Sekalipun anda tidak membeli emas setiap hari, memahami kondisi pasar dan tren harga emas merupakan langkah penting dalam berinvestasi.

Sehingga, anda dapat lebih memetakan dan memperkirakan kisaran biaya yang diperlukan untuk berinvestasi emas pada periode berikutnya. Investasi emas pada dasarnya adalah investasi jangka panjang, pada umumnya digunakan sebagai aset, dengan jangka waktu 5 sampai 10 tahun.

3. Pastikan membeli emas di tempat terpercaya

Tips investasi emas untuk pemula selanjutnya adalah memastikan melakukan pembelian emas di toko atau tempat yang terpercaya. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti penipuan emas palsu, tidak sesuai sertifikat dan lainnya.

4. Pastikan penyimpanan emas sangat aman

Emas adalah salah satu logam mulia yang paling berharga. Oleh karena itu, wajar jikalau ada banyak orang yang tertarik dengan logam ini. Nah, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan memilih tempat yang aman untuk menyimpan aset emas anda, termasuk agar terhindar dari tindakan kejahatan.

Baca Juga :  Strategi Investasi Saham Bagi Pemula Agar Banjir Cuan

Jika anda ingin menyimpan logam mulia ini di rumah, anda bisa menggunakan brankas dengan kunci pengaman yang mumpuni. Namun, jika anda merasa tidak aman di rumah, anda dapat menggunakan safe deposit box (SDB) yang disediakan oleh bank.

5. Sabar dan disiplin

Salah satu hal terpenting dalam berinvestasi adalah kesabaran dan disiplin. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit menjadi bukit.

Jika anda tidak mampu membeli emas dalam jumlah banyak, anda tidak perlu memaksakan diri melakukannya. Membeli dalam jumlah sedikit tetapi dengan rutin dan disiplin akan membawa hasil yang lebih banyak.