fbpx
Cara Menambang Bitcoin & Perangkat yang Dibutuhkan

Cara Menambang Bitcoin & Perangkat yang Dibutuhkan

Penggunaan kata mining atau menambang dalam Bitcoin sebenarnya hanya perumpamaan. Faktanya, menambang Bitcoin adalah proses memecahkan masalah matematika yang kompleks.

Inilah yang membuat proses perolehan aset kripto itu menyerupai proses menambang emas.

Sementara itu, jumlah Bitcoin yang tersedia atau dapat ditambang terbatas. Inilah alasan harga Bitcoin sangat inggi.

Jumlah Bitcoin yang tersedia adalah 21 juta Bitcoin, jumlah yang saat ini beredar, atau yang telah ditambang sebanyak 18,84 juta Bitcoin.

Lantas, masalah matematika apa yang harus dipecahkan?

Proses penyelesaian masalah matematika merupakan bentuk upaya penambahan blok baru pada sistem transaksi Bitcoin, seperti buku kas besar yang disebut blockchain.

Setiap keping Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi dompet digital di smartphone atau komputer. Pemilik Bitcoin mengirim (satu atau sebagian) uang digital melalui dompet digital untuk transaksi.

Kemudian, setiap transaksi Bitcoin dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain.

Menambang Bitcoin adalah cara untuk mendapatkan Bitcoin. Selain itu, anda juga bisa mendapatkan Bitcoin dengan membeli Bitcoin di platform perdagangan aset kripto atau menjual barang dengan menerima pembayaran Bitcoin.

Baca Juga :  Cara Berburu Bitcoin dengan Cepat & Gratis, Cek di Sini!

Namun, cara terakhir mungkin sulit untuk diproses secara hukum di Indonesia. Ini karena Bitcoin tidak diakui sebagai metode pembayaran di Indonesia.

Di bawah ini, KulikMedia bagikan cara menambang Bitcoin dan perangkat apa saja yang dibutuhkannya. Simak dengan saksama ya!

1. Hitung kemungkinan keuntungan

Disarankan agar anda melakukan riset terlebih dahulu untuk menghitung profitabilitas. Anda dapat menggunakan kalkulator penambangan Bitcoin untuk membantu riset anda.

2. Memiliki perangkat penambang

Jika belum punya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu perangkat keras apa yang anda butuhkan untuk menambang Bitcoin. Anda juga bisa mencoba Antminer S19 Pro dan M30 S++. Perangkat ini terkenal sebagai perangkan penambangan Bitcoin.

3. Miliki dompet Bitcoin

Dompet Bitcoin ini dirancang untuk menyimpan Bitcoin yang baru saja anda tambang. Pastikan juga anda memiliki alamat dari dompet digital anda, yang biasanya terdiri dari huruf dan angka yang panjang.

Baca Juga :  5 Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Menguntungkan

4. Temukan sumber Bitcoin

Jika anda berhasil menemukan sumber dan bekerja dengannya, maka anda hanya perlu menyelesaikan sebagian dari masalah algoritma. Dengan melakukan proses ini secara bersamaan, keuntungan akan dibagikan sesuai dengan kontribusinya masing-masing.

5. Memiliki perangkat lunak penambangan

Dalam hal ini, anda dapat menggunakan CGMiner, BFGMiner, EasyMiner, AwesomeMiner dan perangkat lunak lainnya.

6. Mulai menambang

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, anda dapat mulai menambang Bitcoin.