fbpx
Tips Investasi Saham Cepat Untung, Pemula Simak!

Tips Investasi Saham Cepat Untung, Pemula Simak!

Berinvestasi atau bermain saham merupakan salah satu cara untuk membantu anda mengelola keuangan dan mencapai kekayaan. Namun bagi pemula, terkadang terasa menakutkan untuk mulai bermain saham karena dianggap rumit dan berisiko.

Oleh karena itu, pemahaman yang benar dan cermat dapat membantu anda untuk mulai berinvestasi atau bermain saham. Adapun lasan utama bermain saham adalah kemungkinan memperoleh hasil investasi yang lebih tinggi dan menumbuhkan disiplin keuangan.

Misalnya, dibandingkan dengan instrumen deposito, investasi saham menghasilkan return yang lebih tinggi dalam dekade terakhir. Investasi berkala dapat menumbuhkan kebiasaan disiplin keuangan dan mendorong anda untuk menabung dan berinvestasi dengan hati-hati.

Berikut adalah beberapa tips bagi pemula untuk mendapatkan keuntungan dari investasi saham:

1. Pilih sekuritas yang tepat dan aman

Sangat penting untuk mengetahui apa saja sekuritas yang tersedia karena jumlahnya memang banyak. Sebaiknya anda tidak asal memilih broker atau sekuritas, karena masing-masing memiliki biaya transaksi yang berbeda dalam jual beli saham.

Baca Juga :  8 Faktor Penentu Investasi di Indonesia, Wajib Tahu!

Semakin rendah biayanya, semakin banyak manfaat yang bisa anda dapatkan. Namun belum tentu perusahaan sekuritas yang menerapkan tarif tinggi selalu buruk, karena pelayanannya mungkin lebih baik dan aplikasinya lebih memuaskan. Pilih sekuritas yang tepat sesuai dengan kebutuhan anda, dan cek track record-nya.

2. Diversifikasi

Diversifikasi adalah teknik mengurangi risiko dengan mengalokasikan dana ke berbagai instrumen keuangan, industri dan kategori lainnya. Investasi di pasar saham mengubah nilai secara independen dan jenis investasi lain seperti properti dan oblihgasi.

Diversifikasi saham dapat membantu anda mengatasi kerugian yang diakibatkan oleh produk investasi lainnya. Selain itu, keuntungan lain dari diversifikasi investasi saham adalah meningkatkan risiko portofolio investasi, sehingga meningkatkan potensi keuntungan yang lebih besar dan lebih cepat.

3. Beli saat harga turun

Banyak investor pemula meyakini bahwa ketika harga saham turun, mereka harus menghindari membeli saham. Sebenarnya pemahaman ini tidak sepenuhnya salah, tetapi tidak sepenuhnya benar.

Karena ada banyak kasus di mana anda membeli saat harga saham turun, lalu harga kembali normal atau tinggi. Dengan menerapkan cara ini, tentunya, anda bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Baca Juga :  3 Tips Investasi Online Modal Receh Untung Besar

Namun, jangan langsung menerapkan cara ini pada setiap penurunan harga saham. Anda juga harus mempertimbangkan beberapa aspek lainnya. Jadi berhati-hatilah dan selalu tetap bijak.

4. Pilih investasi jangka panjang

Investasi saham jangka panjang lebih aman dan menguntungkan. Selain itu, jika anda memperlakukan investasi saham sebagai tabungan dengan keuntungan lebih, itu akan lebih menguntungkan. Dengan konsep ini, setidaknya anda bisa mewujudkan impian hidup nyaman dengan keuangan stabil 10 – 15 tahun.

Selain itu, investasi jangka panjang juga memiliki risiko yang lebih rendah. Dengan memilih perusahaan yang tepat, keuntungan yang bisa diperoleh tidak hanya 100 persen, tetapi juga berkali-kali lipat. Bukankah itu menguntungkan?