fbpx
Panduan Investasi Reksa Dana Syariah Online, Cek!

Panduan Investasi Reksa Dana Syariah Online, Cek!

‘Bagaimana cara berinvestasi reksa dana syariah online untuk pemula’ adalah pertanyaan yang sering dipertanyakan oleh calon investor pemula. Karena, reksa dana sendiri kini menjadi salah satu pilihan investasi yang populer bagi kaum milenial.

Tidak hanya itu, fakta menarik lainnya tentang reksa dana syariah adalah memiliki banyak jenis yang bisa dijadikan pilihan investasi masa depan. Hal ini telah tertuang dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) No. 19/POJK.04/2015 tentang Penerbitan dan Persyaratan Reksa Dana Syariah. Ada beberapa jenis reksa dana syariah yang dapat digunakan untuk investasi.

Cara berinvestasi di reksa dana syariah ini sebenarnya sangat sederhana. Selain pembelian langsung melalui manajer investasi, anda juga bisa membelinya melalui agen penjual reksa dana atau biasa disebut APERD. Atau, melalui aplikasi online resmi yang sudah mengantongi izin dari OJK.

Perlu diketahui bahwa alat investasi mengandung tiga karakteristik yang harus anda pahami. Pertama, berinvestasi sesuai dengan Daftar Efek Syariah (DES). Kedua adanya cleansing. Dan, terakhir diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

Baca Juga :  Bibit, Salah Satu Aplikasi Reksadana Terbaik Indonesia

Ingin berinvestasi di reksa dana syariah yang aman dan tepat? Berikut cara berinvestasi reksa dana syariah online untuk pemula:

  1. Cek melalui website OJK untuk memastikan bahwa investasi syariah yang ditawarkan adalah investasi real alias bukan investasi bodong.
  2. Untuk memulai investasi reksa dana secara online, anda bisa mendaftar langsung melalui website resmi perusahaan manajer investasi yang anda inginkan. Biasanya, anda juga akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran berupa data diri dan mengunggah beberapa dokumen seperti KTP dan NPWP.
  3. Selanjutnya, anda dapat mengikuti petunjuk langkah demi langkah seperti yang diarahkan oleh perusahaan terkait. Seperti halnya memverifikasi email atau meng-input kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor ponsel.
  4. Kemudian, jika anda telah berhasil membuat akun dan memilih manajer investasi yang diinginkan, pilihlah produk reksa dana syariah. Kami mengingatkan anda untuk memerhatikan track record terkait keuntungan tiga tahun terakhir dari reksa dana syariah itu.

Itulah cara investasi reksa dana syariah online bagi pemula. Selamat mencoba dan emoga keberuntungan berpihak kepada anda!

Baca Juga :  Mengenal Reksadana Syariah dan Sistem Kerjanya