fbpx
7 Cara Efektif Mencegah Semut Kerubungi Makanan

7 Cara Efektif Mencegah Semut Kerubungi Makanan

Keberadaan semut memang menjadi masalah besar, terlebih saat mengerubungi makanan. Meskipun makanan terasa sudah tersimpan dengan baik, semut terkadang masih saja hinggap di sana. Nah berikut ini KulikMedia bagikan cara agar makanan tidak dihinggapi semut.

1. Bawang putih

Anda pasti memiliki bumbu daput ini di rumah anda. Selain digunakan untuk membumbui makanan, bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir semut pada makanan.

Caranya, kupas dan iris bawang putih secukupnya, lalu letakkan di dekat makanan yang dihinggapi semut.

2. Lemon

Kandungan asam sitrat dalam lemon sangat mengganggu semut, sehingga perasan air lemon sangat efektif untuk mengusir semut yang dekat dengan makanan.

Caranya cukup dengan menyemprotkan atau memeras lemon pada makanan yang didatangi semut. Tapi pastikan makanannya tetap enak setelah dicampur dengan lemon ya!

3. Kopi

Selain cocok untuk diseduh, kopi juga dapat digunakan untuk mengusir semut. Aroma kopi ternyata dibenci semut. Baunya yang menyengat membuat semut menjauh dari area yang dipenuhi kopi.

Baca Juga :  5 Cara Efektif Usir Semut dari Toples Gula, Terapkan!

4. Minyak kayu putih

Semut sangat tidak menyukai aroma minyak tanah. Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mengubah aroma minyak tanah menjadi minyak kayu putih. Caranya sangat sederhana, cukup oleskan di atas meja atau piring yang ada makanannya. Ini adalah cara yang efektif untuk menjauhkan makanan dari semut.

5. Cuka putih

Selain tidak menyukai bau kopi dan minyak kayu putih, semut juga tidak menyukai bau cuka. Cara menggunakan, anda dapat mencampur cuka putih dengan air. Kemudian semprotkan di sekitar makanan yang sering dihinggapi semut. Atau, bisa juga di meja dan kakinya.

6. Garam

Siapa yang tidak mengenal bumbu dapur ini? Rasa asin garam membuat semut kurang tertarik.

Jadi, anda bisa menaburkan sedikit garam di area makanan tempat semut bergerombol. Tapi tolong pastikan garam yang anda gunakan tidak merusak rasa makanannya

7. Panaskan di atas kompor

Cara efektif mengusir semut yang terakhit adalah dengan memanaskannya.  Caranya, nyalakan api kecil kompor dan letakkan piring berisi makanan yang di samping kompor yang menyala itu. pastikan semua semut yang hingga di makanan tersebut kabur.

Baca Juga :  4 Cara Mudah Bedakan Daging Sapi dan Kambing