fbpx
8 Tips Makan Malam Saat Diet, Boleh Kok Asalkan...

8 Tips Makan Malam Saat Diet, Boleh Kok Asalkan…

Makan makan berlebihan biasanya dikaitkan dengan potensi kenaikan berat badan. Dengan begitu, rencana diet akan gagal.

Namun, anda tidak perlu mengkhawatirkannya. Ada beberapa tips diet untuk makan malam dan porsi makan malam diet yang bisa anda ikuti.

Banyak orang menghindari makan malam karena takut berat badan bertambah. Faktanya, menurunkan berat badan tidak berarti melewatkan makan. Sarapan, makan siang dan makan malam adalah bagian penting dari diet.

Jika makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berhasil dibakar, maka akan disimpan dalam bentuk lemak. Risiko ini sering terjadi saat makan malam.

Nah, setelah makan malam, banyak orang memilih untuk beristirahat dan kemudian tidur, dengan tingkat aktivitas fisik yang sangat rendah. Secara alami, banyak orang takut bahwa apa yang mereka makan hanya akan disimpan sebagai lemak.

Tips makan malam saat diet

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur dapat meningkatkan gula darah dan membuat sulit untuk tertidur. Kondisi ini berisiko mengalami kenaikan berat badan.

Berikut adalah beberapa tips untuk diet makan malam yang dapat membantu program penurunan berat badan:

1. Makanlah dengan porsi yang ringan

Makanan terakhir hari itu harus menjadi makanan yang paling ringan. Hal ini untuk menghindari pembakaran kalori yang terlalu banyak pada malam hari saat tingkat aktivitas fisik sangat rendah.

2. Beri jarak antara makan dan tidur

Jangan makan terlalu larut. Paling tidak, beri jeda 2-3 jam antara waktu makan dan tidur.

Makan terlalu dekat dengan waktu tidur akan mengganggu ritme sirkadian anda, yang pada gilirannya akan mendorong anda untuk makan makanan yang tidak sehat di malam hari.

3. Mulailah dengan salad

Penelitian menunjukkan bahwa memulai makan malam dengan salad dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Memulai makan dengan salad dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan membuat anda merasa lebih lama kenyang.

Baca Juga :  Diet Mayo: Cara Melakukan, Manfaat dan Pantangan

4. Makan makanan kaya serat

Makan makanan kaya serat tidak hanya berarti lebih sedikit kalori, tetapi juga membantu anda menurunkan berat badan. Serat menciptakan rasa kenyang yang bertahan lebih lama yang membantu anda menghindari ngemil di malam hari.

5. Konsumsi protein tanpa lemak

Protein adalah bagian penting dari diet seimbang. Untuk makan malam, anda disarankan mengonsumsi protein tanpa lemak, seperti daging ayam fillet atau ikan.

6. Tetap terhidrasi

Jangan lupa untuk terus terhidrasi. Penelitian telah menemukan bahwa minum air sebelum makan atau nyemil membuat anda merasa kenyang, sehingga anda bisa makan lebih sedikit.

Selain itu, minum air putih secara teratur sepanjang hari juga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

7. Batasi penggunaan garam

Faktor lain yang memengaruhi hidrasi adalah garam. Oleh karena itu, sangat penting untuk hanya memberikan sedikit garam pada menu makan malam.

Anda bisa menggunakan bumbu seperti cabai, kunyit atau kayu manis sebagai pengganti garam.

8. Makan masakan rumah

Secara umum, orang mengonsumsi lebih banyak kalori saat makan di restoran atau di mana pun di luar rumah. Makanan buatan sendiri adalah pilihan yang tepat untuk makan malam.

Baca Juga :  Cara Menghitung Banyaknya Kalori Harian untuk Diet

Dengan menggunakan makanan buatan sendiri, anda bisa menentukan nutrisi yang terkandung di dalamnya.