fbpx
Resep Rahasia Perawatan Rambut Gunakan Semangka

Resep Rahasia Perawatan Rambut Gunakan Semangka

Semangka tidak hanya tinggi kandungan airnya, buah ini juga merupakan sumber vitamin. Semangka tidak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga dapat digunakan untuk perawatan rambut.

Untuk diketahui, semangka mengandung vitamin B6, vitamin C, pottasium, kalsium dan zat besi. Semua itu bisa membuat kulit cerah dan rambut berkilau.

Semangka juga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sekaligus menjaga kulit kepala tetap sejuk dan sehat.

Resep rahasia perawatan rambut menggunakan semangka tidaklah rumit. Siapkan saja 250 gram semangka, kupas, lalu haluskan dengan sendok.

Siapkan 2 sendok makan mayones, campur dengan semangka dan aduk hingga menjadi pasta. Diamkan selama 10 menit agar semua bahan tercampur rata.

Oleskan pasta itu ke rambut anda. Pijat lembut kulit kepala dan diamkan selama sekitar 45 menit. Biarkan ‘masker’ ini meresap ke dalam rambut anda.

Bilas dengan air hangat lalu gunakan sampo untuk membersihkannya. Dan, langkah terakhir, bilas kembali dengan air dingin.

Semangka dan mayones sangat bagus untuk pertumbuhan rambut sehat berkilau. Kandungan vitamin C dalam semangka memiliki efek meremajakan kulit kepala dan menjaga kekuatan rambut.

Baca Juga :  5 Cara Alami Membasmi Kutu Rambut dan Telurnya

Adapun mayones kaya akan lemak, yang dapat melembabkan dan menutrisi rambut. Selain untuk rambut, berikut manfaat semangka lainnya (untuk kulit) yang perlu anda ketahui:

1. Menghidrasi kulit

Kemampuan semangka untuk menghidrasi tubuh sudah tidak diragukan lagi. Semangka bahkan bisa menghidrasi tubuh sampai lapisan kulit. Seperti yang kita semua tahu, hidrasi dapat membantu anda menghindari kulit kering dan kusam.

Selain itu, semangka juga bisa dioleskan langsung pada permukaan kulit sebagai toner. Air semangka dapat menembus ke dalam jaringan kulit dan membantu menyegarkan kulit.

2. Mencerahkan warna kulit

Semangka tidak hanya mampu menghidrasi, tetapi juga membantu mencerahkan warna kulit. Semangka mengandung antioksidan yang disebut glutathione atau komponen pencerah kulit.

Warna kulit muncul karenan melanin. Semakin banyak melanin, semakin gelap kulit anda. Komponen glutathione bekerja dengan menghambat tyrosinase, yang berperan penting dalam produksi melanin.

Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi langsung semangka atau dengan cara dioleskan dapat mencerahkan kulit.

Baca Juga :  4 Cara Alami Menghilangkan Uban, Efektif dan Mudah

3. Melawan tanda-tanda penuaan

Jika anda ingin memiliki kulit yang segar dan awet muda, anda bisa menggunakan buah semangka untuk mewujudkannya.

Semangka mengandung antioksidan, yang dapat melawan efek radikal bebas, sehingga menghindari tanda-tanda penuaan dini. Cukup minum jus semangka secara teratur untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Banyak sekali ya manfaat semangka. Tidak saja untuk kesehatan rambut, melainkan juga kesehatan kulit.