fbpx
Cegah Gula Darah Tinggi, 5 Hal Ini Harus Dilakukan

Cegah Gula Darah Tinggi, 5 Hal Ini Harus Dilakukan

Diabetes adalah penyakit kronis yang harus dicegah sejak dini. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) melaporkan bahwa setidaknya 13 persen orang dewasa di Amerika Serikat (AS) menderita diabetes dan 34 persen orang dewasa memiliki pre-diabetes.

Ketika tubuh berada pada kadar gula darah tinggi dalam waktu lama, kondisi ini bisa memicu diabetes.

Gula darah tinggi terjadi ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau tidak dapat menggunakan insulin secara efektif.

Untuk mengurangi risiko diabetes, anda perlu membatasi asupan gula. Asupan gula yang berlebihan dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Sebuah penelitian selama 15 tahun menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi banyak gula tambahan lebih berisiko meninggal karena penyakit jantung.

Namun selain membatasi asupan gula, ada beberapa hal lain yang bisa anda lakukan. Ada lima cara untuk mengontrol gula darah tinggi, di antaranya sebagai berikut:

1. Tidur berkualitas

Tidur yang cukup sangat bermanfaat bagi kesehatan. Kebiasaan tidur yang buruk dan kurang istirahat dapat memengaruhi gula darah dan sensitivitas insulin.

Selain itu, kurang tidur meningkatkan nafsu makan dan dapat menambah berat badan, yang merugikan kesehatan secara keseluruhan.

2. Kelola stres

Stres dapat memengaruhi kadar gula darah. Hormon seperti glucagon dan kortisol disekresikan selama stres, sehingga meningkatkan kadar gula darah.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa olahraga, relaksasi dan meditasi dapat secara signifikan mengurangi stres dan menurunkan gula darah.

3. Hindari dehidrasi

Minum cukup air adalah cara yang efektif untuk mengontrol gula darah tinggi. Selain mencegah dehidrasi, asupan air yang cukup juga dapat membuang kelebihan gula melalui urin.

Sebuah studi observasional menunjukkan bahwa minum lebih banyak air dapat mengurangi risiko kelebihan gula darah.

4. Berolahraga secara teratur

Cara mengontrol gula darah tinggi berikutnya adalah berolahraga secara teratur. Kebiasaan ini akan menjaga berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Bentuk olahraga yang bisa anda lakukan adalah angkat besi, jalan cepat, lari, bersepeda, hiking, berenang dan lainnya.

Baca Juga :  Diare pada Anak: Ini Penyebab dan Mengatasinya

5. Batasi asupan karbohidrat

The American Diabetes Association (ADA) menganjurkan agar mengatur asupan karbohidrat dengan menghitung jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan mencegah lonjakan gula darah.

Perlu juga dicatat bahwa mencegah diabetes tidak hanya membutuhkan pengendalian kadar gula darah, tetapi juga menjaga berat badan yang stabil. Ayo bentuk kebiasaan sehat mulai sekarang!