fbpx
Leher Kaku Sehabis Tidur, Ketahui 5 Cara Mengatasinya

Leher Kaku Sehabis Tidur, Ketahui 5 Cara Mengatasinya

Apakah leher anda kaku setiap kali bangun tidur? Jika iya, jangan anggap enteng karena hal itu dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Leher kaku acap kali terjadi karena satu di antara otot mengalami penegangan. Leher kaku bisa terasa nyeri. Jika masih merasa leher kaku di malam hari bahkan bisa menurunkan kualitas tidur.

Inilah mengapa cara efektif mengatasi leher kaku setelah bangun tidur perlu diketahui. Simak selengkapnyadi bawah ini!

1. Lakukan hidroterapi

Anda bisa menggunakan cara hiroterapi dengan air hangat untuk meredakan kekakuan leher. Ya, mandi air hangat membantu mengendurkan otot-otot yang tegang.

Hidroterapi adalah terapi yang menggunakan metode hidrotermal, yang mana suhu air bisa diubah untuk mengobati nyeri Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan shower di rumah.

Caranya adalah dengan berdiri di kamar mandi dan biarkan air hangat membasahi tubuh yang sakit selama 3-5 menit. Setelah itu, gunakan air dingin selama 30-60 detik sampai anda merasa relaks.

Baca Juga :  Waspada Bahaya Darah Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Air panas dapat melancarkan peredaran darah. Adapun air dingin akan mengurangi peradangan di leher.

2. Hindari aktivitas menggunakan leher

Aktivitas seperti mengemudi terlalu lama juga bisa menyebabkan seseorang mengalami sakit leher. Nah, untuk saat ini sebaiknya anda tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan kepala dan leher.

Hindari gerakan menyentak (tiba-tiba) yang dapat memperburuk rasa sakit. Saat duduk, berdiri atau tidur, pastikan leher anda menemukan posisi yang terbaik.

Sesuaikan ketinggian meja, kursi dan komputer agar layar monitor sejajar dengan garis pandang. Anda juga dapat menggunakan sandaran tangan di kursi.

3. Kompres air hangat

Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit leher, seperti posisi tidur yang salah. Jika leher kaku, anda bisa menggunakan kompres air hangat untuk membantu mengendurkan otot.

Rendamkan handuk ke dalam baskom berisi air hangat, lalu peras airnya hingga kering dan letakkan di leher yang sakit. Cobalah kompres hangat di leher selama 10 menit.

Anda juga bisa menggunakan botol berisi air hangat untuk meredakan kram otot. Lakukan cara ini minimal 2-3 kali sehari.

Baca Juga :  7 Cara Ampuh Mengusir Kantuk di Siang Hari, Praktikkan

4. Lakukan peregangan

Setelah anda tahu di mana letak nyerinya, anda bisa meregangkan atau memijat diri sendiri. Peregangan bertujuan untuk meningkatkan fleksibilitas secara bertahap tanpa menyebabkan lebih banyak rasa sakit.

Anda dapat melakukan peregangan dengan memiringkan kepala ke atas, menunduk ke bawah, melihat ke kiri dan ke kanan lalu memiringkan ke kiri dan ke kanan. Gunakan hitungan 8×3 seperti melakukan senam.

5. Pijat menggunakan minyak esensial

Anda juga bisa memijat area leher yang sakit dengan minyak esensial. Cara ini digunakan untuk mengendurkan otot yang kaku.

Lakukan pijatan lembut untuk menghindari kekakuan leher yang semakin parah. Ambil beberapa tetes minyak esensial lavender atau peppermint dan campur dengan minyak kelapa. Gosokkan minyak dengan lembut di leher.