fbpx
5 Tips Investasi Properti Menguntungkan, Perhatikan Ini

5 Tips Investasi Properti Menguntungkan, Perhatikan Ini

Membeli properti dan menyewakannya adalah salah satu cara terbaik untuk mengamankan kekayaan masa depan. Namun, penting untuk memastikan bahwa properti yang bersangkutan dapat menghasilkan uang dalam jangka pendek dan panjang.

Saat membeli properti, anda tidak boleh membuat keputusan tergesa-gesa. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli rumah untuk ditinggali atau membeli properti dengan tujuan untuk disewakan kepada orang lain. Berikut adalah beberapa tips bagaimana memilih properti yang tepat untuk dapat meraih keuntungan maksimal di masa depan.

1. Lokasi strategis

Ketika memutuskan untuk berinvestasi, anda harus secara akurat menemukan lokasi yang strategis. Lokasi strategis biasanya berkaitan dengan kemudahan transportasi, seperti dekat dengan jalan raya, pasar, pusat perbelanjaan, jalan tol, kampus dan lainnya.

Umumnya masyarakat suka berada dekat dengan fasilitas umum agar mudah dijangkau. Apalagi yang suka membeli rumah untuk usaha kost pastinya akan memilih dekat dengan pabrik atau kampus.

Baca Juga :  Ini Panduan Membeli Saham yang Menguntungkan

2. Riset harga

Sebagai pemula, sebaiknya jangan terburu-buru membeli properti. Sebab, ada banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu. Salah satunya anda harus terlebih dahulu memahami harga pasar di kawasan terkait dengan kualitas yang anda dapatkan.

Anda dapat mengunjungi website secara online dan mengeceknya langsung di lapangan. Dengan cara ini, anda akan menemukan harga terbaik yang sesuai dengan anggaran aAnda dengan tetap mendapatkan kualitas terbaik.

3. Lihat persaingan penjualan

Lakukan riset tentang penjualan di kawasan yang ingin anda beli. Jika ada banyak properti untuk dijual di daerah tersebut, itu mungkin berarti bahwa permintaan di daerah tersebut rendah. Hal ini bisa menyulitkan anda saat ingin menjualnya kembali karena calon pembeli masih memiliki banyak pilihan properti lain di kawasan tersebut.

4. Teliti tarif sewa di area tersebut

Jika anda membeli properti untuk disewakan, periksa harga sewa rata-rata sebelum berinvestasi di area tersebut. Ini sangat penting jika anda membeli properti di luar kota yang tidak anda kenal dengan lingkungan sekitarnya. Lakukan riset sebelum membeli properti dan jangan cepat mengambil keputusan. Anda juga dapat meminta saran dari kerabat dan orang terdekat anda.

Baca Juga :  Cara Investasi Saham Syariah yang Tepat Bagi Pemula

5. Bicaralah dengan penduduk setempat

Jika memungkinkan, bicarakan dengan penyewa di daerah tersebut. Penyewa cenderung lebih jujur ​​tentang dampak negatif suatu kawasan karena tidak ada mempunyai kepentingan finansial, dan karena tidak ada ruginya mereka bilang apa adanya.

Ingatlah bahwa membeli properti yang baik membutuhkan banyak waktu dan usaha. Penting untuk menjaga ekspektasi tetap realistis dan memastikan bahwa keuangan anda sendiri dalam kondisi yang baik, sehingga anda dapat menunggu properti mulai menghasilkan keuntungan tanpa harus hidup berdampingan dengan harapan menghasilkan uang dari properti tersebut.