fbpx
5 Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan Terlalu Tinggi

5 Cara Jitu Mengurangi Nafsu Makan Terlalu Tinggi

Keinginan untuk memuaskan nafsu makan yang kuat terkadang tidak terkendali. Namun, anda dapat mengatasinya dengan mudah. Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah saran yang berguna untuk memerangi nafsu makan tinggi dan mengurangi makan berlebihan.

1. Jangan pernah melewatkan sarapan

Sarapan membantu memulai hari dengan benar dan mengatur kadar gula darah di pagi hari, yang juga membatasi keinginan ‘mengidam’ makanan di siang hari. Sarapan kaya protein dapat secara efektif mengurangi sinyal otak yang memengaruhi perilaku makan berlebihan.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga teratur membantu tubuh mengurangi kadar hormon ghrelin. Olahraga juga akan meningkatkan hormon peptide YY, yaitu hormon yang menekan nafsu makan.

Selain itu, intensitas olahraga juga menentukan tingkat nafsu makan. Anda tidak perlu melakukan olahraga dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama untuk mengurangi nafsu makan.

Baca Juga :  Ini 5 Kebiasaan yang Bisa Berakibat Penuaaan Dini

Sebuah studi menunjukkan bahwa 60 menit aerobik lebih efektif dalam menekan nafsu makan daripada latihan anaerobik dengan durasi yang sama.

Olahraga aerobik, seperti berenang, bersepeda dan jogging, umumnya lebih ringan. Sementara, anaerobik cenderung menguras stamina, seperti angkat besi.

 3. Makan di piring kecil

Cara mengurangi nafsu makan selanjutnya adalah dengan makan di piring kecil. Mengurangi ukuran peralatan makan dapat membantu anda secara tidak sadar mengurangi jumlah makanan yang anda konsumsi.

Hal ini dapat membantu anda makan lebih sedikit tanpa merasa kekurangan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika menggunakan piring yang lebih besar, pemakan cenderung makan lebih banyak tanpa menyadarinya. Jadi, mulailah makan di piring kecil sekarang juga ya!

4. Alihkan perhatian saat mengidam makanan ringan

Saat ingin makan es krim cokelat, lakukan aktivitas fisik untuk mengalihkan perhatian anda, meskipun hanya beberapa menit.

Lebih lanjut, saat makan camilan sambil bermain ponsel akan membuat anda lupa jumlah makanan yang ada di mulut. Kondisi ini juga akan meningkatkan jumlah kalori yang dikonsumsi. Oleh karenanya, anda harus menghindari kebiasaan ini.

Baca Juga :  Hasil Penelitian: Jalan Kaki Bisa Bikin Umur Panjang

5. Hindari makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan

Makanan yang dibuat dengan pemanis buatan meningkatkan kalori. Saran terbaik adalah mengurangi atau menghilangkan gula rafinasi.