fbpx
Cara Cek dan Aktifkan TPM Agar Bisa Install Windows 11

Cara Cek dan Aktifkan TPM Agar Bisa Install Windows 11

Pengguna perangkat Windows yang kompatibel kini dapat mengunduh sistem operasi (OS) Windows 11 secara gratis.

Selain dapat diunduh secara gratis, Microsoft mengatakan juga dapat membeli Windows 11 untuk PC atau perangkat komputer baru.

Tentunya untuk dapat menikmati sistem operasi terbaru yang disediakan oleh Microsoft ini, perangkat harus memenuhi beberapa syarat penting sebelum meng-install pembaruan Windows 11.

Salah satunya adalah dukungan Trusted Platform Module (TPM) 2.0.

TPM sendiri merupakan modul chip pada perangkat PC, dan tugasnya adalah melindungi berbagai data yang tersimpan di komputer atau laptop melalui sistem enkripsi.

Artinya jika perangkat Windows 11 dicuri, pelaku yang tidak bertanggung jawab harus terlebih dahulu membobol sistem TPM jika ingin membajak berbagai file di perangkat tersebut.

TPM ini diperlukan untuk memproteksi komputer atau laptop pengguna dengan sistem keamanan berbasis perangkat keras yang kuat.

Untuk memastikan versi TPM, pengguna dapat mengecek apakah perangkat PC mereka dilengkapi dengan TPM atau tidak.

Cara mengecek dukungan TPM di laptop dan PC desktop

  • Untuk melakukannya, tekan tombol “Windows” dan “R” pada keyboard secara bersamaan, atau ketik kata kunci “Run” di menu “Start“.
  • Selanjutnya, masukkan perintah “tpm.msc” dan klik tombol “OK“. Tunggu hingga muncul tampilan aplikasi sistem “TPM Management“.
  • Kemudian, perhatikan kolom “Status“.
  • Jika kolom menunjukkan “The TPM is Ready For Use“, berarti komputer anda telah memiliki TPM,.
  • Untuk melihat versi TPM, silakan kunjungi kolom “TPM Manufacturer Information“.
  • Setelah beberapa saat, bagian “Specification Version” akan menampilkan versi TPM perangkat anda.
  • Jika kolom “Status” menampilkan “Compatible TPM Cannot Bet Found“, komputer anda tidak dilengkapi dengan TPM atau chip itu dinonaktifkan, sehingga Windows 11 tidak dapat di-install.

Anda juga dapat memeriksa ketersediaan TPM di komputer anda. Berikut persyaratan lain untuk menjalankan Windows 11 dengan aplikasi PC Health Check.

Baca Juga :  3 Cara Mengubah Kamera HP Jadi Webcam di Laptop

Saat dijalankan, PC Health Check akan memeriksa seluruh komputer anda dan memberi tahu apakah komputer tersebut memenuhi semua aspek persyaratan Windows 11 atau tidak.

Jika ada masalah kompatibilitas, PC Health Check juga akan menampilkannya, beserta informasi detail dan solusi untuk masalah tersebut.

Satu hal yang dapat menjadi batu sandungan adalah persyaratan Trusted Platform Module (TPM 2.0), terutama untuk PC rakitan dengan motherboard yang dibeli sendiri.

Cara mengaktifkan dukungan TPM untuk Windows 11 pada PC rakitan

Meski PC Health Check menyebutkan bahwa komputer anda tidak mendukung TPM, jangan putus asa. Siapa tahu perangkat sebenarnya mendukung persyaratan tersebut, tetapi tidak dihidupkan.

Motherboard modern yang diproduksi dalam beberapa tahun terakhir mungkin sudah memiliki verifikasi TPM di BIOS, tetapi biasanya dimatikan secara default.

Indikasinya semua persyaratan Windows 11 di PC Health Check telah dipenuhi, kecuali untuk TPM 2.0. Setelah terlebih dahulu memeriksa pembaruan Windows 11 khusus, anda mungkin perlu mengaktifkannya secara manual di BIOS.

Baca Juga :  Cara Instal Windows 11 Beta, Cek Spek Minimumnya

Untuk diketahui, langkah-langkah mengaktifkan TPM berbeda untuk setiap jenis dan merek motherboard di PC rakitan. Anda dapat mengunjungi situs pembuat motherboard dan menemukannya di sana.