fbpx

Cara Klaim Asuransi Mobil Anti Ditolak, Ikuti Tahapan Ini

Berkendara adalah kegiatan yang berisiko. Ancaman bisa terjadi kapan saja, di mana saja, baik disebabkan oleh diri sendiri maupun pengguna jalan lain, seperti tabrakan.

Untuk mengurangi dampak dari risiko tersebut, pemilik mobil biasanya mengasuransikan kendaraannya.

Lalu, jika anda telah mendaftar layanan asuransi mobil, sudah tahu belum cara mengajukan klaimnya?

Ada beberapa cara untuk mengklaim asuransi mobil. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu anda lakukan:

1. Laporkan segera

Langkah pertama adalah anda harus melaporkan insiden yang menimpa mobil anda. Hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah melampirkan foto kerusakan mobil yang baru saja terlibat kecelakaan.

Dengan memberikan laporan kepada perusahaan asuransi, masalah ini dapat ditindaklanjuti dengan cepat.

2. Siapkan dokumen

Setelah melakukan pelaporan, anda harus menyiapkan beberapa dokumen penting untuk memenuhi persyaratan klaim asuransi.

Mulai dari Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK, surat keterangan polisi jika mobil rusak lebih dari 70 persen hingga dokumen berupa polis asuransi mobil.

Baca Juga :  5 Tips Membeli Motor Bekas Berkualitas, Cek Bagian Ini!

Hal ini diperlukan agar proses pengajuan klaim dapat berjalan lancar dan segera diproses oleh perusahaan asuransi.

3. Datang ke cabang

Selanjutnya anda bisa langsung mendatangi cabang perusahaan asuransi mobil tersebut.

Setelah mendatangi cabang, pihak asuransi akan mengecek kelengkapan data yang anda berikan, salah satunya dokumen yang sudah anda siapkan sebelumnya.

Selanjutnya, perusahaan akan mengirimkan surveyor untuk memeriksa kerusakan mobil anda secara detail. Setelah surveyor memeriksa kerusakan, anda akan mendapatkan saran dan rekomendasi perbaikan mobil di bengkel.

4. Gunakan aplikasi

Lebih lanjut, anda juga bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukan klaim asuransi mobil. Beberapa perusahaan asuransi kini menawarkan layanan klaim asuransi dengan meluncurkan aplikasi yang dapat diakses dengan mudah oleh pemilik mobil.

Hal ini sangat bermanfaat bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk mengajukan klaim asuransi mobil atau alasan lainnya, misalnya kantor asuransi jauh dari tempat tinggal anda.

Layanan berbasis aplikasi ini tentunya akan memberikan kemudahan bagi pemilik mobil yang ingin mengajukan klaim asuransi, terlepas dari waktu dan jarak.

Baca Juga :  Benar Nggak Sih Mobil Bekas Modifikasi Sulit Dijual?

Tidak perlu repot lagi, dengan mengajukan layanan klaim via aplikasi, perusahaan asuransi akan datang ke depan pintu rumah anda untuk mengantarkan mobil ke bengkel, dan kemudian membawanya kembali ke lokasi yang anda pilih.