fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online untuk Provinsi Papua

Cara Cek Pajak Kendaraan Online untuk Provinsi Papua

Cara cek pajak kendaraan online adalah hal yang belakangan ingin diketahui oleh para pemilik kendaraan bermotor. Pengendara tidak perlu lagi mengantre panjang secara offline di kantor samsat, hanya perlu mengamati handphone saja.

Pajak Kendaraan Bermotor atau PKB merupakan pajak yang dikenakan kepada seseorang yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor. Pemungutan pajak tersebut dilaksanakan pemungutannya oleh Pemerintah Daerah melalui Samsat setempat.

Bagi para pemilik atau pengendara, pembayaran PKB ini merupakan suatu kewajiban dan apabila tidak dilaksanakan maka akan ada denda yang dikenakan. Denda tersebut sebesar 25% dari pokok pajak dikali dengan berapa bulan terlambat pembayarannya.

Pembayaran pajak yang telah melewati jatuh tempo tersebut dengan denda besar tentu memberatkan pemilik kendaraan. Oleh karena itu, cek pajak kendaraan online di situs maupun aplikasi sangat membantu para pengendara.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Provinsi Papua dengan Aplikasi atau Website

Perkembangan teknologi membuat siapa saja lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya sehari-hari, termasuk di Provinsi Papua. Pengecekan PKB secara daring dapat dilakukan melalui berbagai aplikasi maupun website yang ada, antara lain :

1. Situs resmi Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Provinsi Papua

Pemilik atau pengendara dapat memeriksa info PKB melalui website resmi bappenda dengan cara :

  • Mengisi kotak nomor polisi atau Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) dan pilih warna plat
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi papua
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi papua
  • Klik “Tampilkan Data
  • Informasi yang dibutuhkan pemilik atau pengendara akan langsung muncul di smartphone masing-masing

2. Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Papua

Setelah berhasil mencari informasi mengenai pajak kendaraan bermotor yang dimiliki, selanjutnya pemilik atau pengendara dapat membayar biaya pajak tersebut dengan berbagai cara, antara lain :

  1. Secara offline melalui kantor samsat daerah terdekat
  2. Samsat Corner, terdapat beberapa kios samsat corner tersebar yang bisa menjadi tempat pembayaran PKB
  3. Samsat Payment Point, merupakan Samsat yang menawarkan pelayanan pembayaran PKB serta pengesahan STNK terdekat di daerah pemilik atau pengendara
  4. Samsat Box, merupakan layanan drive thru bagi yang ingin membayar PKB dan berada di depan Sagu Indah Plaza, Jayapura
  5. Melalui ATM Bank Papua, dengan menunjukkan kode pembayaran pajak yang telah didapatkan dari website maupun aplikasi
  6. Kantor Pos, dengan hanya membawa STNK asli dan e-KTP masyarakat Provinsi Papua bisa langsung membayar PKB di kantor pos terdekat
  7. Samsat Mobil, disediakan di beberapa titik tertentu yang melayani masyarakat dalam perpanjangan SIM dan juga bisa dalam pembayaran PKB
Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Aplikasi Samsat Kalbar

Pelayanan pajak kendaraan bermotor pada masa sekarang ini telah jauh dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi Papua. Dari cara cek pajak kendaraan online hingga pembayarannya sudah banyak alternatif yang bisa dipilih oleh masyarakat.