fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online di E-Samsat Maluku

Cara Cek Pajak Kendaraan Online di E-Samsat Maluku

Bagi para pengendara bermotor, cara cek pajak kendaraan online adalah hal penting karena membayar pajak kendaraan bermotor atau PKB sudah merupakan kewajiban. Setiap kendaraan memiliki besarannya tersendiri bergantung pada kapasitas mesin dan jenisnya.

Regulasi yang mengatur hal ini adalah UU Nomor 28 Tahun 2009 dan diperjelas dengan Perda Nomor 2 Tahun 2015 yang membahas tentang Pajak Kendaraan Bermotor. Setiap pengendara wajib mematuhi aturan berlaku dan membayar pajak tepat waktu tanpa lewat jatuh tempo.

Apabila suatu badan atau orang pribadi sebagai subjek yang memiliki kendaraan bermotor melewati jatuh tempo dalam pembayarannya, terdapat denda yang harus dibayar dengan jumlah yang tentunya tidak murah.

Denda yang dikenakan juga akan terus berjalan apabila didiamkan saja tanpa dibayar. Oleh karena itu, para pengendara wajib mengetahui tanggal jatuh tempo pajak bermotornya dan cara cek pajak kendaraan secara online agar lebih mudah.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Provinsi Maluku dengan Mudah

Pada zaman dengan berkembangnya teknologi secara pesat ini, hampir semua hal dapat dilakukan secara online. Cek pajak kendaraan bermotor juga dapat diketahui dengan beberapa cara sesuai dengan daerahnya masing-masing seperti pada Provinsi Maluku dengan membuka situs resmi Badan Pajak dan Retribusi Daerah dari Samsat Provinsi Maluku pada link berikut ini —–> [ KLIK DI SINI ]

Cara Bayar Pajak Kendaraan Online Provinsi Maluku

Setelah berhasil masuk website dan cara cek pajak kendaraan online Provinsi Maluku, Ikuti langkah – langkah berikut :

  • Bukalah browser, lalu akseslah laman INI
  • Pilih Jenis Keperluan di kotak dropdown paling atas.
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi maluku
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi maluku
  • Lalu Masukkan Nomor Polisi
  • Jangan lupa isi kotak isian warna putih sama persis dengan karakter yang ada di kotak warna biru di sampingnya
  • Kemudian klik gambar kaca pembesar di samping kotak isian Nopol.
  • Selesai. Informasi yang kita cari akan muncul kemudian.

Dengan berkembangnya teknologi pada masa ini, para pemilik atau pengendara bermotor tidak perlu repot lagi untuk antri membayar secara offline. Pengendara hanya tinggal mengetahui cara cek pajak kendaraan online dan melakukan instruksinya dengan benar.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Provinsi Lampung