fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online Nusa Tenggara Timur

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Nusa Tenggara Timur

Sekarang cara cek pajak kendaraan online bisa dilakukan dengan berbagai cara dan di mana saja bergantung pada daerahnya. Cara pembayarannya juga bisa dilakukan melalui banyak platform dan tempat untuk memudahkan rakyat.

Pemerintah daerah telah mencanangkan masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor atau yang selanjutnya disebut dengan PKB secara tepat waktu. Hal tersebut dilaksanakan dengan tegas karena terdapat denda bagi pengendara yang tidak menaati.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 28 tahun 2009 dengan turunan Peraturan Daerah nomor 2 tahun 2015 mengatur tentang Pajak Kendaraan Bermotor ini. Untuk selanjutnya pemerintah masing-masing daerah mengatur sendiri prosedur mengenai PKB.

Mengurus permasalahan pajak kendaraan bermotor kini sudah tidak susah dan dapat dilakukan daring di rumah. Selama pemilik atau pengendara memiliki informasi seperti STNK asli, Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB), dan KTP, proses pasti mudah.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online melalui E-Samsat NTT

Untuk masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur, PKB dapat diperiksa di website resmi Badan Pengelolaan Anggaran Daerah Provinsi (BPAD) pada menu Info Pajak atau cukup [ KLIK LINK BERIKUT ] agar tidak ribet dan langsung menuju TKP.

Baca Juga :  Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Drive Thru

Berikut merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk pengecekan :

  1. Persiapkan nomor polisi atau NRKB atau plat nomor dari kendaraan yang dimiliki
  2. Persiapkan nomor rangka berjumlah 17 digit dari kendaraan yang akan diperiksa pajaknya
  3. Masukkan nomor polisi tersebut di kotak yang disediakan pada situs resmi e-samsat NTT
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online NTT
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online NTT
  4. Masukkan 5 digit terakhir nomor rangka kendaraan masing-masing
  5. Klik “Cek” pada kotak berwarna biru
  6. Informasi yang dibutuhkan pemilik atau pengendara akan muncul di gawai atau personal computer masing-masing

Pada website BPAD ini, pemilik atau pengendara tidak hanya dapat melihat informasi mengenai tanggal jatuh tempo dan biaya PKB saja, terdapat juga informasi monitoring samsat, persyaratan yang harus dibawa ketika mengunjungi samsat keliling, dan sebagainya.

Cara cek pajak kendaraan online di NTT juga dapat dilakukan melalui pesan singkat atau SMS, ke nomor 3130 dengan format SAMSAT(spasi)NOMOR POLISI(spasi)5 DIGIT TERAKHIR NOMOR RANGKA. Contoh SAMSAT DH1234AA 12345.

Untuk selanjutnya akan mendapat balasan berupa kode billing yang dapat dibayarkan pemilik atau pengendara di Bank NTT melalui Teller/ATM/M-banking/EDC. Struk bukti pembayaran berlaku 14 hari dan dapat segera ditukar dengan SKPD untuk pengesahan STNK.

Baca Juga :  Syarat dan Cara Blokir STNK Mobil dan Motor Online

Keuntungan Menggunakan E-Samsat NTT bagi Masyarakat

E-samsat Provinsi Nusa Tenggara Timur dikembangkan tidak hanya untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor saja, namun juga melayani pengesahan STNK. Pembayarannya juga dapat dilakukan melalui lebih dari 38.000 jaringan ATM di seluruh Indonesia.

Dengan pembayaran langsung oleh wajib pajak melalui ATM ini, diharapkan penggunaan calo dan korupsi pada penerimaan pajak dapat berkurang. Perhitungan pajak yang tetap serta kenyamanan wajib pajak juga meningkat dengan adanya layanan ini.

Peningkatan layanan ini tentunya menawarkan kemudahan serta keuntungan bagi masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Timur. Cara cek pajak kendaraan online tidak perlu susah lagi dilakukan dengan pembayarannya yang juga mudah.