fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah NTB via Web

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah NTB via Web

Melakukan cara cek pajak kendaraan online melalui samsat provinsi NTB bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan situs web samsat provinsi NTB juga menyediakan situs web yang interaktif.

Berbagai layanan tersedia dalam situs web provinsi NTB yang dibuat oleh bappenda NTB memberikan layanan pada warganya. Melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor melalui lebih mudah dan cepat dilakukan karena tidak membutuhkan instal aplikasi.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Melalui Situs Web E-Samsat Provinsi NTB

Situs web untuk pelayanan samsat dari bapenda NTB ini adalah inovasi tim pembina samsat NTB untuk memberikan layanan terbaik pada warganya. Simak rincian dan penjelasan mengenai cara melakukan cek pajak kendaraan pada website e-samsat provinsi NTB.

1. Buka Halaman Website Resmi e-samsat NTB

Perhatikan halaman pengecekan e-samsat yang resmi dari tim samsat provinsi NTB. Agar tidak keliru kami telah menyiapkan link yang benar, cukup [ KLIK DI SINI ].

Baca Juga :  Ini Dia Cara Cek Pajak Kendaraan Online Sulawesi Utara

Jika tidak hati-hati dalam memilih situs web resmi dari pemerintah NTB dikhawatirkan mudah terkena penipuan. Karena zaman digital ini banyak sekali situs web palsu yang beredar di jaringan internet.

2. Isikan Data Dengan Benar

Ada dua cara untuk melakukan cara cek pajak kendaraan online pada situs web provinsi NTB ini. Pertama pada bagian kanan layar ada isian untuk nomor polisi , NIK dan 5 digit terakhir nomor rangka untuk mendapatkan informasi lengkap tentang kendaraan.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah NTB
Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah NTB

Namun di bawah halaman di bagian kiri juga bisa dilakukan pengecekan pajak kendaraan hanya dengan memasukkan nomor plat kendaraan saja. Jika ingin mendapatkan informasi lengkap bisa menggunakan format isian pada kanan layar.

Sedangkan jika ingin melakukan pengecekan pada info pajak kendaraan saja bisa menggunakan fitur yang ada di kiri layar. Setelah melakukan pengisian data dengan benar lakukan generate atau info untuk mendapatkan informasi.

3. Tunggu Proses

Biasanya proses pengecekan tidak akan berlangsung lama hanya membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit saja. Pastikan semua data yang dimasukkan sudah benar, karena jika ada data yang salah maka anda harus mengulang pengisian data.

Baca Juga :  Cara Mengurus STNK Hilang Beserta Syarat dan Biaya

Melakukan Pembayaran Pajak Secara Online Samsat NTB

Pada situs web samsat NTB selain menyediakan fitur cek pajak kendaraan bermotor. Disediakan juga informasi mengenai alur pembayaran pajak secara online atau mekanisme pembayaran e-samsat NTB.

Untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan dua cara. Yang pertama melalui SMS gateway dan yang kedua melalui website.

Pembayaran melalui SMS bisa dilakukan dengan mengirim format : ESAMSAT (spasi) nomor polisi (spasi) nomor mesin kendaraan. Kemudian kirim ke nomor 0212 3393 4000, setelah mengirim SMS anda akan mendapat balasan berupa kode bayar yang bisa dibayar menggunakan ATM atau transfer.

Untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui website bisa dilakukan pada info PKB dengan mengisi plat nomor kendaraan. Selain mendapatkan informasi tentang besaran pajak yang harus dibayar akan diberikan juga kode bayar yang bisa dibayar menggunakan ATM atau transfer.

Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk melakukan pembayaran yang lebih mudah secara online tanpa perlu ke kantor. Selain memudahkan cara cek pajak kendaraan online di atas juga akan lebih aman apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Sumatera (PART 2)