fbpx

Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Aplikasi Samsat Kalsel

Cara cek pajak kendaraan online memang harus diketahui oleh setiap warga yang memiliki mode transportasi darat, seperti motor maupun mobil. Pembayaran pajak kendaraan bermotor ini sudah jadi suatu kewajiban bagi warga negara sebagai pemilik dari kendaraan tersebut.

Untuk anda yang berdomilisi di provinsi Kalimantan Selatan sudah bisa mengakses pajak kendaraan secara online, tanpa harus berkunjung ke kantor samsat terdekat. Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan siapa saja yang ingin mengetahui besaran biaya pajak kendaraannya.

Sebelum anda membayar pajak kendaraan tersebut, terlebih dahulu harus bisa memastikan besaran biaya pajaknya. Sekarang ini, untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan bermotor sudah sangat mudah dilakukan siapa saja melalui online.

Mengenal Apa Itu Pajak Kendaraan Bermotor

Sebelum mengetahui cara cek pajak kendaraan online, terlebih dahulu mengetahui sekilas tentang pajak kendaraan tersebut. Yang dimaksud dengan pajak kendaraan bermotor ini ialah sudah termasuk ke dalam jenis pajak dari masing – masing provinsi.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Sumsel via e-Dempo

Merupakan bagian dari Pajak Daerah. Untuk pelaksanaan dari pemungutan biaya pajak bisa segera dilakukan di kantor bersama Samsat daerah masing-masing.

Sementara itu, bagi subjek pajak ini merupakan seseorang yang memiliki kendaraan bermotor pribadi dari berbagai jenis jalan atau pun jalur yang dilalui. Sudah jadi kewajiban bagi setiap warga negara agar taat dalam pembayaran pajak tepat waktu.

Guna mempermudah pembayaran pajak tersebut, anda bisa dengan mudahnya melakukan pengecekan pajak kendaraan melalui situs website resmi atau pun dari aplikasi Samsat provinsi Kalimantan Selatan sesuaikan saja dengan domisili anda.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Melalui Aplikasi E-Samsat Kalsel

Bila anda memiliki kendaraan bermotor pribadi, tentu saja harus dan wajib membayar pajak kendaraan secara rutin dan tepat waktu. Pajak kendaraan ini akan segera dilakukan tiap sekali dalam satu tahun.

Sementara itu, besaran dari biaya pajak kendaraan dapat menyesuaikan dengan jenis kendaraan yang anda miliki. Umumnya, biaya pembayaran pajak ini sudah ditentukan berdasarkan pada kapasitas mesin yang dimiliki oleh kendaraan tersebut.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online untuk Provinsi Riau

Jika anda termasuk warga yang berdomisili di Kalimantan Selatan (Kalsel), pemerintah daerah sudah menyiapkan layanan guna mempemudah akses cara mengecek pajak kendaraan online.

1. Akses Situs E-Samsat Kalimantan Selatan

Anda sudah dapat mengakses melalui ponsel, tanpa harus berkunjung ke kantor Samsat. Caranya anda bisa langsung akses aplikasi E-Samsat khusus untuk provinsi Kalimantan Selatan di Google PlayStore atau klik saja link berikut ini —–> [ KLIK DI SINI ]

Berikut tampilan awal dari aplikasi tersebut, klik “Info Pajak

Cara cek pajak kendaraan online provinsi kalsel
Cara cek pajak kendaraan online provinsi kalsel

2. Masukkan Plat Nomor Kendaraan

Langkah berikutnya tinggal anda masukkan saja plat nomor kendaraan bermotor yang dimiliki.

Cara cek pajak kendaraan online provinsi kalsel
Cara cek pajak kendaraan online provinsi kalsel

Pembayaran biaya pajak kendaraan bermotor memang harus diperhatikan oleh setiap warga negara atau wajib pajak. Cara cek pajak kendaraan online melalui aplikasi E-Samsat dari provinsi Kalsel juga sudah mempermudah semua orang.

Kata Kunci:aplikasi samsat kalsel,cek pajak kendaraan kalsel,cek pajak kendaraan online kalsel