fbpx
Samolim, Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng

Samolim, Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng

Masih bingung dengan cara cek pajak kendaraan online? Bagi warga Kalimantan Tengah, tampaknya aktivitas ini sudah sangat dimudahkan dengan adanya aplikasi bernama Samolim. Hanya saja, kurangnya sosialisasi cara penggunaan membuat banyak yang tidak tahu.

Pemerintah Provinsi kalimantan tengah tampaknya semakin gencar untuk membuat inovasi dengan tujuan memberikan kemudahan soal layanan kepada masyarakat. Kini, hampir di segala sektor penting sudah diberikan inovasi yang membuat hal ribet menjadi hal mudah.

Salah satunya adalah inovasi pembayaran pajak kendaraan. Karena provinsi ini termasuk provinsi yang cukup padat akan kendaraan, maka pajak adalah salah satu sumber penghasilan utama provinsi ini. Sehingga, agar semakin rajin membayar pajak, dibuatlah Samolim.

Samolim pada dasarnya merupakan aplikasi khusus yang dibuat oleh pemprov Kalimantan Tengah untuk mengecek pajak, melihat data nomor polisi kendaraan, identitas, nomor rangka, dan keperluan pajak kendaraan lainnya. Sehingga kami rasa anda perlu tahu.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online untuk Provinsi Kalimantan Tengah

Dengan semua telah terdigitalisasi dan diberikan kemudahan, tidak ada alasan lagi orang menghindari pembayaran pajak. Ini adalah salah satu hal wajib bagi setiap warga negara. Jadi, untuk provinsi kalimantan tengah sendiri, diciptakanlah aplikasi yang diberi nama Samolim.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online untuk Provinsi Riau

Samolim atau yang merupakan singkatan dari Samsat Online Isen Mulang telah menjadi salah satu aplikasi terbaik samsat. Dengan gambarnya yang cukup interaktif, membuat orang lebih merasakan informasi yang jelas dari aplikasi ini. Cara menggunakannya sendiri antara lain:

  1. Cari “Samolim” di google play store atau Bisa juga dengan link berikut —–> [ KLIK DI SINI ]
  2. Buka aplikasi
  3. Tekan pada bagian “Klik Mulai” di bagian bawah
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
  4. Anda akan dibawa ke halaman utama yang memiliki 6 opsi, tetapi anda pilih yang “Info Pajak
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
  5. Akan muncul pop up Terms and Conditions atau syarat dan ketentuan, dan klik langsung setuju
  6. Atau jika anda ingin membaca syarat dan ketentuannya, pilih baca dan pahami
  7. Anda akan dibawa ke halaman yang berisi banyak hal soal kendaraan seperti Nomor polisi, NIK pemilik kendaraan, No. Rangka, Nomor ponsel dan Email
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
    Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Kalteng
  8. Isi dengan lengkap dan teliti tentang angka-angka tersebut
  9. Setelah itu, klik “Oke“, mungkin proses menunggu akan sedikit lama karena harus mengolah data anda terlebih dahulu
  10. Jika sudah selesai, anda akan dibawa ke halaman yang berisi formulir detail kendaraan beserta biaya pajak yang harus dibayar
  11. Jika anda ingin segera membayar, langsung saja klik setuju dan anda akan dibawa ke halaman untuk melakukan pembayaran.
Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online di Aplikasi Samsat Kalbar

Apakah anda masih menunggak pajak dengan alasan bahwa sulit jika harus pergi ke samsat dan prosesnya sulit? Sekarang, alasan itu tidak berlaku lagi karena sudah ada cara cek pajak kendaraan online dan langsung membayarnya hanya dengan aplikasi bernama Samolim.