fbpx
Kesalahan Investasi Kripto yang Wajib Dihindari

Kesalahan Investasi Kripto yang Wajib Dihindari

Investasi cryptocurrency atau kripto kini semakin populer. Meski begitu, banyak orang yang terjebak dengan hype kripto ini, sehingga banyak orang yang melakukan kesalahan saat berinvestasi kripto seperti Bitcoin.

Berikut ini adalah 4 kesalahan yang sering terjadi saat berinvestasi di cryptocurrency (kripto):

1. Beli karena murah

Harga murah tidak selalu terjadi karena masalah transaksi. Terkadang harga rendah karena suatu alasan. Harap hati-hati dengan tingkat pengguna yang mengalami penurunan.

Alasan lain mengapa cryptocurrency murah mungkin karena pengembang meninggalkan proyek dan berhenti memperbarui dengan benar, sehingga membuat cryptocurrency tidak aman.

2. Terjebak dalam penipuan cryptocurrency

Ketika anda berinvestasi dalam bentuk cryptocurrency, anda harus berhati-hati karena banyak penipuan terjadi. Mulai dari penipuan dan koin palsu hingga perangkat lunak dengan kedok malware atau virus.

Penipu terkadang mencoba menghubungi korban melalui email atau pesan teks, menjanjikan peluang investasi yang menarik, seperti keuntungan dua kali lipat hingga tiga kali lipat.

Baca Juga :  Lagi Populer, Apa itu Cryptocurrency dan Jenis-jenisnya?

Ingat, anda harus selalu ‘skeptis’ terhadap penawaran yang menggiurkan, apalagi tidak masuk akal.

3. Investasikan semuanya sekaligus

Beberapa platform investasi cryptocurrency terkadang menyarankan anda untuk memaksimalkan uang anda dengan berinvestasi sebanyak mungkin. Ingat, investasi terbaik adalah diversifikasi alias melakukan peragaman instrumen investasi.

Jangan hanya menaruh uang anda hanya karena anda percaya bahwa cryptocurrency memiliki keuntungan yang lebih baik daripada investasi lainnya. Sebaiknya, anda juga berinvestasi dalam emas, reksa dana instrumen investasi lainnya.

KulikMedia menyarankan investasi kripto yang baik adalah hanya menggunakan proporsi modal investasi tertentu, misalnya 5 persen, dan selalu memiliki simpanan dana darurat.

4. Berpikir kripto sebagai uang mudah

Kesalahan keempat adalah ketika anda berpikir bahwa cryptocurrency adalah “uang mudah”.

Tidak ada cara mudah untuk menghasilkan uang dengan memperdagangkan semua jenis aset keuangan, baik itu saham, komoditas seperti perak dan emas atau kripto itu sendiri.

Keempat kesalahan di atas harus betul-betul dihindari agar anda tidak mengalami kerugian investasi kripto. Sebagai tips, anda sebaiknya mempelajari dan memahami berbagai hal terkait kripto sebelum memulai investasi.

Baca Juga :  5 Cara Investasi Bitcoin yang Aman dan Menguntungkan