fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online via E-Samsat Sulteng

Cara Cek Pajak Kendaraan Online via E-Samsat Sulteng

Cara cek pajak kendaraan online sudah bisa dilakukan di berbagai daerah Indonesia. Setiap provinsi sudah memiliki situs web bahkan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengetahui pajak kendaraan.

Melakukan pengecekan pajak secara online lebih mudah dan simpel daripada harus datang ke kantor samsat. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini banyak kebutuhan yang harus dilakukan secara online di rumah saja.

Untuk melakukan pengecekan pajak kendaraan beberapa daerah biasanya memerlukan data kendaraan dan pemiliknya untuk mengetahui pajak. Data yang diperlukan seperti NIK pemilik, nomor polisi dan lainnya.

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Melalui Web E-Samsat Sulteng

Badan Pendapatan Daerah Sulawesi Tenggara memberikan layanan untuk memeriksa pajak kendaraan anda bisa melalui Web dan Aplikasi.

Anda hanya perlu mengakses webstite resmi Bapenda Sulteng. Berbagai layanan samsat bisa anda dapatkan hanya dari genggaman.

  1. Masuk ke situs web resmi Bapenda e-samsat Sulteng —–> [ KLIK LINK BERIKUT ]
  2. Pilih menu info PKB
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi sulteng
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi sulteng
  3. Akan muncul kotak isian untuk melakukan pengecekan PKB
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi sulteng
    Cara cek pajak kendaraan online provinsi sulteng
  4. Isikan nomor polisi kendaraan dan 5 digit nomor rangka terakhir kendaraan anda
  5. Kemudian klik tombol kirim
Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Banten

Setelah itu kirim dan tunggu sampai website memberikan informasi tentang pajak yang harus anda bayarkan. Dengan mengakses layanan secara online anda bisa memeriksa pajak dengan lebih efektif dan efisien.

Selain layanan cek PKB situs resmi Bapenda Sulawesi Tengah juga menyediakan beragam layanan. Seperti informasi nilai jual kendaraan bermotor di daerah Sulawesi Tengah, dan info tentang samsat lainnya.

Cek Pajak Kendaraan Online Melalui Aplikasi E-samsat Sulteng

E-samsat Sulawesi Tengah sudah menyediakan layanan melalui aplikasi mobile. Aplikasi yang bernama Samsat Sulteng ini tersedia di Playstore untuk Android. Tampilan aplikasinya juga ramah pengguna dan mudah digunakan.

Untuk menggunakan aplikasi Samsat Sulteng anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Cukup dengan menggunakan nomor KTP dan nomor ponsel yang aktif.

Kemudian server akan memberikan kode password untuk digunakan ketika login akun pada aplikasi. Setelah berhasil login ada banyak layanan yang menunjang kebutuhan administrasi kendaraan.

Cek pajak kendaraan sama dengan versi webnya, anda hanya perlu memasukan nomor polisi dan 5 digit terakhir nomor rangka. Aplikasi ini juga melakukan proses dengan cepat, tidak butuh waktu lama untuk mengecek kewajiban.

Baca Juga :  Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat Drive Thru

Kemudian, ada layanan Bea Balik Nama Lapor Jual Kendaraan. Cek posisi berkas administrasi kendaraan dan Informasi lainnya tentang kendaraan anda. Lokasi samsat di Sulawesi Tengah juga tersedia di aplikasi ini.

Begitu juga dengan jadwal dan lokasi samsat keliling untuk daerah Sulawesi Tengah. Lengkap dari Ampana sampai Toli Toli semua bisa diketahui secara real time hanya dari aplikasi ponsel.

Anda juga dapat menghubungi call service samsat pada nomor yang tersedia di web dan aplikasi. Cara cek pajak kendaraan online melalui website dan aplikasi resmi e-samsat Sulteng semuanya dapat diakses secara gratis tanpa dipungut biaya apapun.