fbpx
6 Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank, Terapkan!

6 Tips Menjaga Keamanan Rekening Bank, Terapkan!

Risiko keamanan juga mengancam seiring banyaknya masyarakat di Indonesia yang menggunakan rekening bank. Kasus kehilangan dana nasabah juga sudah berkali-kali muncul di berita.

Ada beberapa hal harus dilakukan untuk menjaga keamanan rekening bank. Hal utama yang harus dilakukan untuk menjaga keamanan rekening bank adalah tidak membagikan informasi rahasia kepada siapa pun.

Termasuk nomor telepon, email, kode PIN, kode OTP, 14 digit nomor rekening, tanggal kedaluwarsa, kode keamanan atau CCV dan lainnya. KulikMedia menyarankan bagi setiap nasabah untuk menyimpan data dengan baik.

Berikut KulikMedia bagikan enam tips menjaga keamanan rekening bank yang bisa anda jalankan:

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi

Fitur ini akan membantu anda dengan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor ponsel anda saat terjadi transaksi dana, baik yang masuk atau keluar.

Baca Juga :  Ini Cara Mengajukan Kartu Kredit BNI Secara Online

2. Periksa riwayat atau saldo rekening secara berkala

Saat ini, anda dapat dengan mudah melihat riwayat dan saldo rekening melalui mobile banking atau internet banking bank yang anda miliki.

3. Aktifkan fiturverifikasi dua langkah

Lindungi perangkat seluler anda dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah. Misalnya, menggunakan pemindaia sidik jari atau pemindaian wajah.

4. Hindari menggunakan WiFi publik

Untuk melakukan transaksi bank, disarankan menggunakan jaringan internet pribadi dan menghindari WiFi publik.

5. Jaga data pribadi

Jangan pernah memberikan ID pengguna, kode OTP, PIN rekening, atau nama ibu kandung anda kepada siapa pun, termasuk pegawai bank dan ganti kata sandi anda secara berkala.

6. Hati-hati saat menggunakan ATM

Untuk menghindari kejahatan, pastikan tidak ada benda mencurigakan seperti tempelan alat lain di sekitar ATM. Selalu berhati-hati saat mengunjungi dan menggunakan mesin ATM, terutama kepada orang yang menawarkan bantuan.

Dengan menjalankan enam tips di atas, keamanan rekening bank akan semakin meningkat. Sehingga, risiko penipuan dan tindakan kejahatan lainnya dapat terminimalisir.

Baca Juga :  Daftar Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS di 5 Bank, Cek!

Lebih lanjut, edukasi nasabah saat ini harus terus dilakukan karena risiko penipuan juga semakin meningkat seiring perkembangan era digital.

Selain itu, dengan semakin banyaknya pemilik rekening bank, edukasi semacam ini juga menjadi PR bagi industri, tidak hanya pihak bank, tetapi juga di industri keuangan itu sendiri.