fbpx
Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Yogyakarta

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Yogyakarta

Era digital membuat semua aktvitas dapat dilakukan dengan online. Salah satunya yakni mengecek pajak kendaraan. Berbagai pemerintah daerah di Indonesia menyediakan fasilitas untuk memudahkan masyarakat.

Pemerintah daerah membuat aplikasi inovasi elektronik yang mana dapat memberi manfaat guna pengecekan pajak kendaraan. Jadi, sebelum membayar, masyarakat dapat meeriksa jumlah tagihan yang harus di bayarkan.

Aplikasi Infopkbdiy dirancang oleh dppka dev. Aplikasi yang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai pembayaran pajak kendaraan bermotor khusus daerah DIY.

Melalui aplikasi ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mengakses tentang pajak kendaraan bermotor yang telah jatuh tempo.

Nah, bagi yang masih baru mengenal, pahami tutorial cara cek kendaraan online provinsi DIY melalui aplikasi infopkbdiy. Sebelumnya simak terlebih dahulu jenis-jenis pembayaran pajak kendaraan berikut.

Jenis-jenis pajak kendaraan

Dalam membayar pajak endaraan ada dua jenis pajak, yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan. Pajak tahunan merupakan pengesahan STNK yang dilakukan setahun sekali.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online di E-Samsat Maluku

Anda dapat membayarkannya secara online maupun datang langsung ke samsat. Adapun dokumen yang dibutuhkan, yaitu fotokopi KTP dan STNK asli.

Selain berkewajiban membayar pajak tahunan, anda juga perlu membayar pajak lima tahunan. Pembayaran pajak ini dikenai biaya tambahan untuk memperbarui STNK dan plat nomor kendaraan.

Untuk pembayarannya anda perlu datang ke kantor samsat. Adapun dokumen yang dibutuhkan yaitu fotokopi KTP, STNK, BPKB, serta formulir cek fisik kendaraan yang didapatkan di kantor samsat.

Cara cek pajak kendaraan online melalui aplikasi infopkbdiy

Aplikasi infopkbdiy hanya berukuran 1,9 mb saja. sehingga tidak memberatkan ponsel anda. Selain itu tampilannya yang sederhana memudahkan masyarakat untuk memahaminya. Nah, berikut tutorial cek kendaraan online provinsi DIY melalui aplikasi.

  • Sebelum menggunakaanya, anda perlu mengunduh aplikasinya. Klik tautan di bawah untuk download aplikasi infopkbdiy. Setelah muncul, klik dan pilih instal.download-button
  • Buka aplikasi infopkbdiy yang baru saja anda instal. Kemudian input nomor kendaraan dan nomor serinya. Setelah itu klik cari.
    Cara cek pajak kendaraan online melalui aplikasi infopkbdiy
    Cara cek pajak kendaraan online melalui aplikasi infopkbdiy
  • Kemudian akan muncul beberapa hal mengenai kendaraan anda. mulai dari merk, type, dan tahun. Untuk masalah pajak, akan muncul nominal pajak dan denda kendaraan, pokok dan denda jasa raharja, total pajak dan denda, serta tanggal jatuh tempo.
Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Jawa Timur

Pembayaran pajak kendaraan baik mobil atau pun motor 5 tahunan akan dikenakan PNPB. Hal ini guna menerbitkan STNK dan plat nomor. Berikut ulasan biaya tambahan yang perlu dibayarkan.

  • Untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor, tagihan sesuai dengan aplikasi dan tambahan Rp. 160.000.
  • Pembayaran pajak mobil –pembayaran pajak sesuai dengan aplikasi serta tambahan Rp. 300.000.

Demikian ulasan mengenai cara cek kendaraan online provinsi DIY melalui aplikasi infopkbdiy. Dengan informasi di atas semoga dapat membantu masyarakat dalam penggunaan aplikasinya. Semoga bermanfaat

Kata Kunci:infopkb,infopkbdiy