fbpx

Cara Cek Pajak Kendaraan Online Provinsi DKI Jakarta

Ulasan kali ini mengenai cara cek pajak kendaraan online provinsi DKI Jakarta dengan mudah dan aman bisa menjadi informasi penting untuk anda. Ketika memiliki kendaraan pribadi tidak hanya perlu dirawat mesinnya saja akan tetapi harus diperhatikan mengenai kelengkapan surat serta pajak kendaraanya.

Oleh sebab itu, anda wajib sekali memantau secara berkelanjutan mengenai pajak kendaraan anda baik roda dua atau roda empat setiap tahunnya agar jangan sampai tertinggal dan tidak membayar.

Memiliki kendaraan pribadi sama saja dengan selalu siap melakukan pembayaran pajak secara berkelanjutan setiap waktunya karena ini adalah kewajiban warga negara Indonesia di manapun berada.

Adapun untuk pajak kendaraan roda dua atau roda empat sendiri memiliki perbedaan yang cukup signifikan tergantung jenis, tahun produksi dan juga harga beli kendaraannya.

Nah, kira-kira bagaimana sebenarnya langkah mengecek pajak kendaraan daerah DKI Jakarta dengan cara online itu? Yuk simak ulasan lengkapnya sebagai berikut!

Cek Pajak Kendaraan Melalui Situs Samsat

Cara pertama dan termudah adalah dengan mengunjungi laman Samsat. Di situs ini, kita akan mendapatkan informasi tentang jumlah pajak yang harus dibayar dan tanggal jatuh tempo.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kini memberikan pelayanan pajak kendaraan bermotor untuk sepeda motor dan mobil, berikut tahapannya:

  1. Buka situs Samsat DKI Jakarta, DI SINI
  2. Isikan data nomor polisi dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tersedia
  3. Klik Cari
  4. Hasilnya akan memberikan informasi tentang jumlah pajak yang harus dibayar. Tapi ingat, jumlah ini belum termasuk denda keterlambatan, juga belum termasuk pajak progresif.
  5. Tampilan website e-samsat DKI Jakarta
    Tampilan website e-samsat DKI Jakarta

Masuk Ke Aplikasi Samsat DKI Jakarta

Cara cek pajak kendaraan online provinsi DKI Jakarta yang kedua yang lebih mudah adalah dengan masuk ke aplikasi samsat DKI Jakarta.

Kini, bagi anda yang ingin mengurus atau mengecek pajak kendaraan untuk daerah secara mudah bisa memanfaatkan laman Samsat DKI Jakarta melalui ponsel pribadi anda.

Caranya mudah sekali, pastikan bahwa ponsel atau gadget yang anda miliki sudah terkoneksi ke internet sehingga bisa terhubung ke laman Samsat DKI Jakarta yang dimaksud.

Baca Juga :  Cek Online Biaya Pajak Kendaraan Di Sini

Download dengan Link di bawah ini.

download-buttonAnda bisa masuk ke aplikasi yang tertera di atas untuk bisa mengecek data harga pajak yang harus dibayarkan. Anda tidak perlu khawatir karena laman Samsat DKI Jakarta tersebut sudah terintegrasi dengan pemerintah pusat dan aman untuk di akses. Pastikan setelah masuk ke laman samsat tersebut, anda bisa mengikuti langkah selanjutnya.

Masukan Plat Nomor dan NIK

Cara cek pajak online selanjutnya di aplikasi Samsat DKI Jakarta sendiri adalah dengan memasukan nomor plat kendaraan serta NIK.

Pastikan bahwa nomor yang anda masukan sudah benar dan sesuai karena jika tidak maka itu akan menghambat pemprosesan data terkait.

Jangan khawatir ketika anda melakukan input data maka ada kemungkinan data bobol, karena laman Samsat DKI ini sangat terjaga.

Perhatikan Nomor Konversi Polisi dan Lakukan Pembayaran

Nomor konversi polisi menjadi data yang harus ada ketika akan membayar pajak, agar dana yang disetorkan bisa terdaftar ke pemerintah.

Jika tagihan pembayaran sudah sesuai dan terdapat nomor konversi-nya, maka anda bisa segera melakukan pembayaran melalui beberapa cara.

Baca Juga :  Cara Cek Pajak Kendaraan Online Daerah Sumatera (PART 2)

Mulai dari melalui aplikasi E-Samsat, Bank konvensional atau M-Banking dengan memasukan nomor Samsat 60110.

Nah, itulah di atas adalah cara cek pajak kendaraan online provinsi DKI Jakarta dengan mudah dan super cepat yang bisa anda coba lakukan.

Meski tengah berada di luar kota namun kendaraan masuk dalam wilayah DKI Jakarta maka bisa lho anda coba cek pajaknya secara online.

Mengecek pajak secara berkala tentu saja bisa memudahkan anda dalam menyiapkan besaran dana pajak yang harus dikeluarkan setiap tahunnya, yuk jangan lupa bayar pajaknya!